Pemprov Jateng Siapkan Jalur Evakuasi Warga Dieng

Nugroho Setyabudi, Okezone · Selasa 31 Mei 2011 17:39 WIB
https: img.okezone.com content 2011 05 31 340 463151 Epm4RUsMgq.jpg Gunung Dieng (Foto: kanapaini.blogspot.com)

SEMARANG- Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan menyiapkan jalur evakuasi di kawasan sekitar gunung Dieng. Ini terkait dengan adanya peningkatan konsentrasi gas CO2 di Gunung Dieng, Jawa Tengah.

Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya eksodus warga yang tak terarah, sehingga menjadi korban bencana.

Kepala Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) Provinsi Jateng, Teguh Dwi Paryono, mengatakan dari pengalaman letusan kawah Sinila yang terjadi pada 1979 jalur evakuasi tak tersedia, sehingga pergerakan pengungsi justru menuju kawasan Timbang.

Padahal, lanjut Teguh, kawah tersebut mengeluarkan semburan gas CO2 yang mematikan. Akibatnya 149 orang tercatat meninggal pada bencana yang terjadi 20 Februari 1979 itu.

Oleh karena itu, tuturnya, pemerintah saat ini tengah mempersiapkan jalur evakuasi jika kondisi semakin membahayakan.

"Jangan sampai kejadian itu terulang, tahapan-tahapan evakuasi juga telah disiapkan. Dan saat ini jarak aman yang ditentukan sepanjang 1.000 meter atau 1 kilometer," paparnya, Selasa (31/5/2011).

Dia menambahkan, kegiatan atau aktivitas warga di sekitar Dieng sudah harus dibatasi.

"Warga lima desa di sekitar kawah sudah tidak boleh beraktivitas satu kilometer dari sumber kawah, terutama pada pukul 00.00 WIB hingga pagi hari. Karena di saat itu gas sangat pekat dan mematikan," kata Teguh seusai mengikuti rapat paripurna di DPRD Jateng.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini