Share

Penjahat Perang Balkan Diisolasi di Penjara PBB

Fajar Nugraha, Okezone · Rabu 01 Juni 2011 09:12 WIB
https: img.okezone.com content 2011 06 01 414 463328 VZGm1L37Ex.jpg Ratko Mladic (Foto: AP)

DEN HAAG - Mantan Komandan Militer Serbia Bosnia Ratki Mladic saat ini terisolasi dalam penjara PBB menunggu pengadilan tuduhan genosida saat Perang Balkan. Pada 16 tahun lalu, Mladic diperkirakan memerintahkan pembunuhan 8.000 pria dan anak-anak Muslim Bosnia.

Ulah Mladic ini dianggap sebagai pembantaian terhadap warga sipil paling parah yang terjadi di Eropa sejak Perang Dunia II. Menurut juru bicara pengadilan kejahatan perang PBB Nerma Jelacic, staf pengadilan telah menyerahkan tuntutan kepada Mladic sebelum memasukannya ke dalam sel isolasi.

Mladic juga diberikan daftar pengacara yang dapat membantunya menjalani pelaksanaan pengadilan kejahatan perang. Selain pengacara, Mladic akan diperiksa oleh dokter dan mendapatkan perawatan yang cukup juga memang mengidap suatu penyakit. Demikian diberitakan Associated Press, Rabu (1/6/2011).

Belum jelas apakah pria berusia 68 tahun tersebut akan tampil di pengadilan pertama, tetapi pada akhirnya dirinya harus tetap menghadiri pengadilan. 

Seperti halnya pemimpinnya di masa lalu Radovan Karadzic yang juga sempat diadili tiga tahun lalu, Mladic diperkirakan akan menolak segala tuduhan yang diarahkan padanya. Mladic sendiri sempat menyatakan tidak akan pernah mengakui otoritas dari Pengadilan PBB.

Pria yang terakhir berpangkat jenderal ini dianggap sebagai pelaku utama pembantaian warga Muslim Bosnia di Sebrenica. Pasukannya saat itu melakukan penyerbuan selama lima hari dan membunuh sekira 8.000 pria dan bocah Muslim Bosnia.

Mladic ditangkap oleh badan keamanan Serbia di Lazarevo, dekat Zrenjanin di wilayah Banat, Provinsi Vojvodina pada 26 Mei 2011. Penangkapannya dilakukan olehpasukan khusus dari kepolisian. Selama di persembunyian, Mladic menggunakan nama samaran Milorad Komadic. 

(faj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini