KY: Hakim S Harus Diberhentikan Sementara

Kholil Rokhman, Koran SI · Kamis 02 Juni 2011 12:35 WIB
https: img.okezone.com content 2011 06 02 339 463821 fEgdiGOWSd.jpg Gedung Komisi Yudisial (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Komisi Yudisial (KY) prihatin dengan tertangkapnya hakim S oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Lembaga pengawas hakim itu meminta Mahkamah Agung (MA) mengambil langkah cepat dan tepat terkait status hakim S.

"KY melihat untuk kepentingn proses hukum yang akan berjalan, hakim yang bersangkutan harus secepatnya diberhentikan sementara oleh MA sebagaimana diatur dalam pasal 15 PP 26 tahun 1991 tentang Tata Cara Pemberhentian Dengan Hormat, Pemberhentian Tidak Dengan Hormat, dan Pemberhentian Sementara yang sampai saat ini masih berlaku," kata Juru Bicara KY, Asep Rahmat Fajar, Kamis (2/6/2011).

Asep mengungkapkan, KY sangat prihatin dengan peristiwa tersebut. Sebab, saat ini banyak pihak yang tengah berupaya memperbaiki citra dunia peradilan. Namun, faktanya masih ada oknum yang melakukan tindakan tercela. "Tindakan oknum yang tercela tersebut akan membuat kepercayaan publik kepada dunia peradilan semakin terpuruk," ujarnya.

 

Asep menambahkan, KY berharap kejadian ini dijadikan momentum oleh semua pihak terutama MA untuk melakukn pembenahan organisasi dan Sumber Daya Manusia secara lebih optimal.

 

Diketahui KPK menangkap tangan seorang hakim pengawas Pengadilan Niaga Jakarta Rabu (1/6) pukul 22.00 WIB. Hakim yang berinisial S tersebut diduga menerima suap ratusan juta terkait kasus kepailitan.

(ded)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini