Share

Mahasiswa ITS Buat Situs untuk Ibu Hamil

Margaret Puspitarini, Okezone · Sabtu 04 Juni 2011 10:10 WIB
https: img.okezone.com content 2011 06 03 373 464301 lCbmPbhGBq.jpg Ilustrasi : Corbis

JAKARTAKehamilan merupakan anugerah istimewa yang dapat dirasakan oleh seorang perempuan. Sayangnya, masih banyak calon ibu yang pengetahuannya minim mengenai penyakit selama masa kehamilan.  

Berdasarkan hal itu, tim mahasiswa Institut Teknik Sepuluh November (ITS) yang beranggotakan Jovan Varian, Dedy Nur Arifin, Sangkurnia, Irawati Nurmala Sari, dan Nyoman Juniartha menghadirkan solusi dengan menciptakan situs sederhana untuk membantu mendiagnosa penyakit pada ibu hamil sejak dini.

 

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Melalui situs yang diberi nama kehamilanibu.com, pengguna dapat memasukkan gejala-gejala kehamilan yang akan diproses kemudian menghasilkan diagnosa dan langkah pengobatan atau pencegahan sederhana.

 

Kelima mahasiswa Teknik Informatika ini kemudian melakukan sosialisasi serta cara penggunaan situs tersebut kepada masyarakat. Sasarannya adalah puskesmas di sekitar ITS, Puskesmas Klampis, Ngasem, dan Puskesmas Pembantu di Keputih.

 

Kehamilanibu.com dapat diakses melalui telepon seluler (ponsel) yang dilengkapi dengan fasilitas internet, namun masih banyak ibu-ibu dalam proses sosialisasi yang mengaku ponselnya tidak dilengkapi dengan fasilitas tersebut.

 

“Setelah kami cek, ternyata aplikasi web browser itu ada dan bisa dijalankan. Setelah tahu ponsel mereka bisa dipakai, mereka langsung tertarik,” ujar Jovan selaku ketua tim seperti dikutip dari ITS Online, Jumat (3/6/2011).

 

Untuk mendukung program sosialisasi ini, tim membagikan pulsa Rp5.000 kepada para ibu yang hadir. Mereka bahkan meminjamkan ponsel bagi ibu-ibu yang ponselnya tidak dilengkapi akses internet untuk mencoba situs kehamilanibu.com.

 

Dukungan mengenai program ini mengalir dari Wiwin, bidan di Puskesmas Klampis Ngasem dengan memberikan saran mengenai situs kehamilanibu.com. “Sebaiknya nanti ada gambar-gambar janin dari trimester 1-3,” ujarnya.

 

Respon positif lainnya datang dari seorang ibu peserta sosialisasi, Suwarni. “Bermanfaat sekali, bisa memberi tahu tentang masalah-masalah tentang kehamilan,” katanya.

 

Pada akhir kegiatan, Jovan dan kawan-kawan memberikan buku saku mengenai cara penggunaan situs kehamilanibu.com. “Dalam buku ini terdapat langkah-langkah manual untuk menjalankan program sehingga ibu hamil dapat dengan mudah menggunakan website kami,'' Deddy, anggota tim lainnya, menambahkan

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini