Share

Baasyir Tegaskan Tak Ada JAT di Poso

Ray Jordan, Okezone · Senin 06 Juni 2011 09:39 WIB
https: img.okezone.com content 2011 06 06 339 464814 ryYP8VA4ta.jpg Abu Bakar Baasyir (Foto: Heru/Okezone)

JAKARTA - Terdakwa kasus dugaan tindak pidana terorisme Abu Bakar Baasyir menegaskan bahwa tidak ada perwakilan Jamaah Ansharut Tauhid (JAT) di Poso, Sulawesi Tengah.

Pernyataan amir JAT ini sekaligus membantah tudingan bahwa organisasi yang dipimpinnya berada di balik insiden penembakan anggota polisi di depan Kantor Bank BCA, Palu 25 Mei lalu.

"Polisi bohong. Enggak ada JAT di Sulteng. Baru ada di Jawa, Bima, dan Lampung. Polisi memang cari-cari kesalahan," katanya sebelum menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (6/6/2011).

Pengasuh Pondok Pesantren Al Mukmin, Ngruki, Sukoharjo ini juga mengaku tidak pernah mengenal empat orang pelaku penembakan polisi yang diindikasikan polisi sebagai anggota JAT.

"Seandainya pun benar ada JAT di Sulawesi Tengah. Itu urusan pribadi masing-masing. Saya enggak kenal empat orang itu," tegasnya.

Senada dengan Baasyir, pengacaranya Achmad Michdan juga menguatkan pernyataan kliennya dan menuduh balik polisi tidak menghormati asas praduga tak bersalah terhadap Baasyir dan menganggap pernyataan polisi memojokkan Baasyir.

”Pernyataan tersebut cenderung mendeskritkan Baasyir,” ujarnya. Michdan mengatakan, Baasyir memang sempat beberapa kali mendapat undangan berdakwah di Poso, namun semua tawaran itu ditolak dengan alasan takut polisi semakin memojokkan kliennya.

Sebelumnya, pada Minggu 5 Juni kemarin, polisi mengatakan bahwa pelaku penembakan polisi di Palu terindikasi sebagai anggota JAT di Sulawesi Tengah.

"Mereka merupakan anggota kelompok JAT yang sempat dibentuk dan dilatih oleh Abu Tholut dan sempat berlatih di Aceh. Jadi sudah lebih dari setahun yang lalu mereka melakukan langkah persiapan untuk melakukan aktivitas tindakan teror yang dipersiapkan didaerah Poso Sulawesi Tengah," kata Kabid Penerangan Umum Mabes Polri Kombes Boy Rafli Amar kemarin.

(ded)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini