Share

Mahasiswa Michigan Dalami Seni Budaya Bali

Rohmat, Okezone · Jum'at 10 Juni 2011 04:00 WIB
https: img.okezone.com content 2011 06 09 373 466615 BNv6ldk8az.jpg Ilustrasi: daylife

DENPASAR - Puluhan rombongan mahasiswa dan dosen Universita Michigan, Amerika Serikat, melakukan studi banding ke Denpasar guna mengetahui kiat-kiat Denpasar dalam mempertahankan, mengembangkan serta melestarikan seni dan budaya Bali.

"Tujuan kedatangan kami ke Denpasar dengan puluhan mahasiswa dari berbagai jurusan agar dapat lebih mendalami keragaman seni dan budaya Bali," ujar ketua rombongan Agustina usai diterima Kadis Kebudayaan Made Mudra mewakili Walikota, dan budayawan Wayan Geria, di Kantor Walikota Denpasar, Kamis (9/6/2011).

 

Selain itu, para mahasiswa asal Negeri Abang Sam itu ingin melihat bagaimana upaya-upaya yang dilakukan pemerintah dan masyarakat dalam melestarikan seni budaya Bali sehingga tetap bisa lestari ditengah gempuran moderninasi.

Agustina merupakan seorang WNI asal Singkawang Kalimantan Barat, yang kebetulan dosen Bahasa Indonesia di Universitas Michigan. Dia  mengatakan selama berada di Denpasar, mereka akan mengunjungi pusat-pusat seni seperti pasar tradisional, museum, sanggar dan tempat bersejarah lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Made Mudra menjelaskan tentang keadaan Kota Denpasar serta upaya-upaya yang dilakukan dalam melestarikan seni dan budaya Bali melalui visinya “Menjadikan Denpasar sebagai kota Kreatif Berbasis Budaya Unggulan”.

Dikatakan dia, berbagai permasalahan yang dihadapi mengingat Denpasar merupakan Kota yang memiliki penduduk yang sangat hetrogen dengan berbagai suku, ras dan agama.

Mudra juga berharap para mahasiswa untuk memanfaatkan waktu kunjungan dengan baik seraya berharap mudah-mudahan bisa datang kembali ke Bali khususnya Denpasar.

(abe)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini