nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

40 Ribu Hewan Penular Rabies Berkeliaran di Denpasar

Rohmat, Jurnalis · Minggu 12 Juni 2011 19:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2011 06 12 340 467382 Zxwi6VObdo.jpg Foto: Rohmat/okezone

DENPASAR - Warga kota Denpasar tetap harus meningkatkan kewaspadaan, sebab berdasar pendataan Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan setempat, terdapat 40 ribu hewan penular rabies (HPR) yang sewaktu-waktu bisa menyerang mereka.

 

Kepala Dinas Peternakan,Perikanan dan Kelautan Kota Denpasar Dewa Made Ngurah mengatakan, saat ini tercatat kurang lebih 40 ribu ekor HPR yang disasar melalui vaksinasi rabies massal tahun 2011.

 

"Selama dua hari ini kami lakukan vasinasi rabies massal untuk mengantisipasi penyebaran penyakit rabies di masyarakat," kata Dewa Made Ngurah, Minggu (12/06/2011).

 

Dalam aksi vaksinasi massal hari ini menyasar Kecamatan Denpasar Selatan meliputi enam desa yakni Desa Sanur Kauh, Sanur Kaja, Kelurahan Sanur, Kelurahan Panjer, Renon dan Sidekarya dengan jumlah 65 pos.

 

Sebelumnya, hari pertama kemarin menyasar 4 (empat) desa/kelurahan yakni Serangan, Pedungan, Pemogan dan Sesetan dengan jumlah sebanyak 51 pos tempat vaksinasi.

 

Dewa Ngurah menambahkan vaksinasi massal hari pertama tercatat 1.680 hewan penular rabies (HPR) yang telah divaksin.

 

Vaksinasi rabies massal ini akan dilaksanakan berlanjut di semua wilayah di Kota Denpasar sehingga masyarakat diharapkan membawa hewan peliharaanya ke pos pelayanan vaksinasi rabies massal yang tersebar di masing-masing banjar setempat.

 

Terkait upaya guna membendung penyakit mematikan itu menyerang warga kota, Pihaknya mempersiapkan Sanur yang dikenal sebagai daerah kunjungan turis itu sebagai percontohan kawasan bebas rabies.

 

Disinggung langkah-langkah yang dilakukan guna mewujudkan Denpasar bebas rabies kata Dewa Ngurah melalui regestrasi hewan, sosialisasi, kontrol populasi, pengawasan lalulintas HPR keluar masuk Denpasar, dan tindakan cepat jika ada kasus rabies.

 

Pihaknya juga berharap masyarakat segera melaporkan ke petugas terkait jika ada warga yang digigit anjing atau HPR lainya agar petugas bisa melakukan eleminasi terhadap HPR tersebut, guna memastikan hewan tersebut terjangkit rabies atau tidak. Diharapkan mereka yang digigit anjing rabies segera mendapatkan Vaksin Anti Rabies di rumah sakit terdekat.

 

Hadir pula pada pelaksanaan Vaksinasi massal hari kedua ini Walikota Denpasar I.B. Rai Dharmawijaya Mantra, Kepala Dinas Peternakan Propinsi Bali Putu Sumantra beserta Kepala SKPD di Lingkungan Pemkot Denpasar.

 

Rai Mantra mengatakan, Denpasar sebagai daerah tujuan wisata harus terbebas dari penyakit rabies, sehingga memberikan rasa aman dan nyaman bagi warganya termasuk para wisatawan yang berkunjung ke Kota Denpasar.

 

Untuk itu kata dia masyarakat yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing, kucing dan monyet (hewan penular rabies) untuk secara rutin melakukan vaksinasi rabies yang digelar secara cuma-cuma oleh Pemkot Denpasar.

 

“Harus ada kesadaran dari seluruh masyarakat untuk ikut mendukung upaya-upaya memimalisir bahaya dari penularan penyakit rabies ini,” harap Rai Mantra.

(lam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini