Share

ITB Tundukkan UGM

Senin 13 Juni 2011 10:01 WIB
https: img.okezone.com content 2011 06 13 373 467533 dqwrfD6AcH.jpg Image: corbis.com

YOGYAKARTA - Pada kategori Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) Kontes Robot Nasional (KRN) 2011 yang menggelar tiga jenis robot, Universitas Gadjah Mada (UGM) yang tahun lalu menjadi wakil Indonesia tidak dapat berbuat banyak.

Untuk kategori robot berkaki juara pertama diraih robot Aqabah dari Institut Teknologi Bandung (ITB) yang mengalahkan Barelang 2.1 dari Politeknik Batam. Sedangkan tim unggulan dari Universitas Indonesia (UI) dan UGM hanya menempati posisi ketiga dan keempat.

Di kategori robot beroda, prestasi terbaik diraih oleh robot Hamazar dari Institut Teknologi Telkom Bandung dan di posisi kedua R2C-Deus Vult dari Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga. UGM yang kali ini diwakili oleh robot War Fire hanya berada di posisi ketiga.

Kategori robot battle yang melombakan robot bermain sepak bola juara pertama diraih oleh E-1205 dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) yang mengalahkan Barelang 4.1 dari Politeknik Batam. Robot Al-Adiyat karya dari Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta menempati posisi ketiga.

Sementara itu pada KRSI yang melombakan robot menari Klono Topeng, Pandji Asmorobangun dari UI berhasil menjadi yang terbaik setelah mengalahkan Satria 177 karya mahasiswa Institut Teknologi Telkom Bandung. Juara tiga diraih BEMASK2 dari SMIT Teknokrat Bandar Lampung.

Pada kategori KRCI tersebut, setiap juara pertama akan menjadi wakil Indonesia pada kontes robot cerdas internasional yang akan berlangsung di Meksiko pada 2012 mendatang. (mahadeva/lukman hakim/sindo)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini