Share

Mahasiswa UGM Ciptakan Games Tertib Lalu Lintas

Margaret Puspitarini, Okezone · Selasa 14 Juni 2011 16:15 WIB
https: img.okezone.com content 2011 06 14 373 468290 plBnxIQ6XK.jpg Foto : UGM

JAKARTABanyak cara menerapkan perilaku tertib lalu lintas sejak dini. Misalnya yang dilakukan mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) kepada siswa SD, yakni lewat permainan.  

Ide permainan edukatif ini berawal dari keprihatinan civitas academica UGM terhadap jumlah kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Mahasiswa jurusan Ilmu Komputer Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Firdaus Ismail Sholeh dan Rifauddin Tsalitsy serta Azizah Kartika Nugraheni, Diany Ufieta Syafitri, dan Ardias Nugraheni dari Fakultas Psikologi pun membuat program edukasi tertib lalu lintas melalui permainan Jagoan Lalu Lintas.

 

Permainan ini berupa replika virtual reality dari perilaku lalu lintas sehari-hari. Firdaus mengatakan, program ini merupakan solusi bagi masyarakat yang masih minim pengetahuannya tentang tertib lalu lintas, terutama kalangan anak-anak.

 

Melalui program ini anak-anak dapat merasakan simulasi berkendara dengan baik dan benar sesuai dengan peraturan lalu lintas. “Hingga saat ini, program Jagoan Lalu Lintas telah resmi diinstal pada 20 SD di kota Yogyakarta dan akan digunakan secara serempak pada tahun ajaran baru 2011/2012,” ujar Firdaus seperti dikutip dari situs UGM, Selasa (14/6/2011).

 

Program edukasi ini ternyata telah digunakan oleh Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Yogyakarta untuk memperkenalkan perilaku tertib lalu lintas ke berbagai sekolah.

 

Firdaus menyatakan, sebenarnya Satlantas Polresta Yogyakarta telah memiliki program pendidikan tertib lalu lintas dengan mengunjungi berbagai sekolah setiap bulannya untuk mengajari anak berperilaku tertib lalu lintas. Namun, program ini dirasa kurang efektif.

 

“Cara sosialisasi yang dilakukan memerlukan banyak peralatan peraga serta sumber daya waktu dan tenaga yang besar sehingga pelaksanaannya belum merata ke seluruh sekolah di Yogyakarta,” kata Firdaus menambahkan.

 

Maka, nantinya Jagoan Lalu Lintas akan didistribusikan ke seluruh sekolah di Yogyakarta melalui kerja sama dengan Unit Pelayanan Teknis (UPT) atas rekomendasi Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini