UI Jawara Kontes Robot Seni Indonesia

Rifa Nadia Nurfuadah, Okezone · Kamis 16 Juni 2011 17:11 WIB
https: img.okezone.com content 2011 06 16 373 469145 3HGUweUGU6.jpg Image: corbis.com

JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) berhasil menyabet juara pertama melalui aksi Robot Penari Klono Topeng, dalam Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI) baru-baru ini. 

Pada kategori Kontes Robot Nasional (KRN) yang digelar di kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) itu, UI bersaing dengan ratusan tim robot dari puluhan perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Demikian seperti dikutip dari keterangan tertulis UI, Kamis (16/6/2011).

KRN 2011 memperlombakan tiga kontes, yakni Kontes Robot Indonesia (KRI), KRSI, dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) yang terdiri dari kategori Robot Beroda, Robot Berkaki, dan robot Battle. Total ada 101 tim yang mewakili 51 perguruan tinggi ambil bagian dalam kompetisi tahunan ini.

Juara pertama KRI diraih oleh Politeknik Batam. Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi juara pertama kategori KRCI Berkaki, dan Institut Teknologi Telkom (ITT) Bandung menjuarai KRCI Beroda. Sementara pada kategori KRCI Battle, Politeknik Elektronika Surabaya (PENS) menyabet peringkat pertama. 

Kampus Jaket Kuning ini juga sedang mempersiapkan diri mengikuti kompetisi internasional Shell Eco-marathon Asia (SEM Asia) 2011. Mereka akan mengirimkan para mahasiswa Fakultas Teknik UI yang tergabung dalam tim Nakoela dan Sadewa dalam kompetisi rancang bangun mobil hemat energi dan ramah lingkungan itu. Mereka akan unjuk gigi di Sepang International Circuit Malaysia pada 6-9 Juli mendatang itu.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini