nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Maju Capim KPK, Dharma Pongrekun Berani Lawan Koruptor

Misbahol Munir, Jurnalis · Minggu 26 Juni 2011 17:24 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2011 06 26 339 472865 G6hhDZsytR.jpg Gedung KPK. (Foto: daylife)

JAKARTA – Seleksi tahap administrasi Panitia Seleksi (Pansel) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat ini telah selesai. Salah satu nama AKBP Dharma Pongrekun yang kini bertugas Markas Besar (Mabes) Polri ternyata lolos dalam seleksi kelengkapan administrasi sebagai calon pimpinan KPK.

Menurut pengamat politik Fadjroel Rachman, siapapun yang mendaftar di Pansel tentu telah memiliki kesiapan dalam hal tudingan balik terhadap rekam jejak masa lalunya sendiri dalam memerangi koruptor.

Fadjroel sendiri belum mengetahui secara detail tentang sosok Dharma Pungrekun. Namun, meski demikian keberanian Dharma untuk mendaftar telah menunjukkan bahwa dirinya bersih dan berani memberantas korupsi.

"Siapapun yang mendaftar begitu juga dari pihak kepolisian, tentu sudah memiliki keberanian dan percaya bahwa dirinya bersih," ujar Fadjroel kepada okezone, Minggu (26/6/2011).

Sebab bagi Fadjroel, Dharma menunjukkan sikap seorang anggota kepolisian yang berani.

"Bagi saya polisi yang berani mendaftarkan diri di pansel KPK pasti merasa dia yakin, bersih," kata dia.

Selain itu, kata pengamat tersebut, keberanian Dharma telah memberi pesan tersendiri kepada publik bahwa dia anggota yang bersih. "Keberanian orang kepolisian memberi pesan kepada masyarakat khalayak bahwa dia bersih," paparnya.

Tak hanya itu, menurut Fadjroel, Dharma sudah siap melawan para seniornya dalam hal pemberantasan korupsi. "Dan dia sendiri tentunya sudah pasti berani melawan para senior-seniornya yang bermasalah," pungkasnya.

AKBP Dharma Pongrekun disebut-sebut sebagai polisi yang lurus. Dia tercatat sebagai salah seorang pendaftar calon pimpinan KPK yang lolos dalam seleksi tahap satu.

Dharma Pongrekun saat ini berdinas di Mabes Polri. Dia lulusan Akpol 1988, PTIK lulus 1995, dan Sespim 2002. Dharma sudah 23 tahun lulus sehingga memenuhi syarat karena minimal 15 tahun pengalaman di bidang hukum. Dharma menggondol gelar Magister Manajemen dari Universitas Bhayangkara pada tahun 2002 dan Magister Hukum dari Universitas Gadjah Mada pada tahun 2005.

(hri)

Berita Terkait

Pansel KPK

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini