Share

Seorang TKI Dipaksa Makan Makanan Sisa Majikannya di Arab Saudi

Taufik Budi, SUN TV · Minggu 26 Juni 2011 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2011 06 26 340 472720 EqqCRQL0nS.jpg Ilustrasi

DEMAK - Seorang tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Demak, Jawa Tengah terpaksa kabur dari rumah majikannya di Arab Saudi lantaran kerap mendapat penyiksaan yang tidak manusiawi dari majikannya selama bekerja menjadi pembantu rumah tangga.

Siyami (32), warga desa Kebon Batur, Kecamatan Mranggen, Jawa Tengah ini bahkan dipaksa memakan makanan sisa dari majikannya tersebut. Akibatnya, Siyami menderita penyakit dalam dan harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

Meski berangkat melalui jalur resmi, Siyami yang berangkat ke Arab Saudi pada Juni 2010 silam ini masih saja mendapatkan perlakuan buruk dari majikannya. Perlakuan tidak manusiawi itu ia dapatkan sejak pertama kali bekerja.

Dia mengaku, majikannya tak segan memukulinya dengan menggunakan gagang sapu dan alat pengepel lantai. Siyami yang sudah kelelahan bahkan dipaksa untuk bekerja tanpa henti dan tak mendapat jatah makan.

Setelah tiga bulan mengalami penyiksaan, Siyami akhirnya nekad melarikan diri lantaran tidak tahan dengan ulah majikannya tersebut. Akibat perlakuan kekerasan yang dialaminya, Siyami menderita penyakit sesak nafas dan radang paru-paru.

Kini, Siyami kembali pada profesi awalnya sebagai pembuat sangkar burung di kampungnya. Dia pun harus rela menjalaninya meski pendapatannya habis hanya untuk membiayai penyakitnya tersebut. (put)

(hri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini