Share

UGM Tuan Rumah Dream 2011

Cuk Sahana, Okezone · Minggu 26 Juni 2011 17:58 WIB
https: img.okezone.com content 2011 06 26 373 472872 l7semdPDzU.jpg Image : ist.

YOGYAKARTA - Untuk yang ketiga kalinya, dari tanggal 26 Juni-6 Juli 2011 UGM menjadi tuan rumah program musim panas bagi mahasiswa internasional bertajuk Dream 2011.

Koordinator Dream Putri Paramita menjelaskan Dream kali ini mengusung tema "Social Enterpreunership on the Move" (kewirausahaan sosial). Tema dipilih selaras dengan misi UGM untuk berkontribusi terhadap pembangunan masyarakat global.

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

Putri mengatakan Dream  tersebut  akan diikuti sebanyak 67 peserta, terdiri 45 mahasiswa asing dan 22 mahasiswa Indonesia . Para mahasiswa asing ini berasal dari 16 Negara Malaysia, Brunei Darussalam, Argentina, Australia, Selandia Baru, Namibia, Mesir, China, Jerman, Jepang, Thailand, Russia, Amerika Serikat, Belgia dan Vietnam.

“Melalui Dream mereka diharapkan bisa saling mengenal dan berbagai pengetahuan serta pengalaman,” kata Putri, akhir pekan ini.

Melalui event ini UGM juga ingin memperkenalkan pendekatan enterpreunership untuk solusi terhadap berbagai permasalahan sosial dan ekonomi masyarakat. Oleh karena itu aktivitas Dream akan dibagi menjadi dua, aktivitas akademik seperti kuliah umum, excursion dan community service. Selain itu peserta akan melakukan short internship di 16 Lembaga Swadaya Masyarakat di Yogyakarta, dan melakukan KKN di desa wisata Bejiharjo Wonosari. “Ada kegiatan akademik namun ada pula yang terjun di lapangan,”imbuhnya.

Putri Paramita menandaskan Dream merupakan wadah bagi generasi muda di Indonesia untuk menunjukkan partisipasi dalam forum internasional. Karenanya sejumlah tokoh akan menjadi pembicara dalam kegiatan Dream, di antaranya Fred Hehuwat dari ASHOKA International, Makarim Wibisono dari ASEAN Foundation dan Wahyu Indriyo dari Asosiasi Kewirausahaan Sosial.

Pembicara lain Butet Manurung, seorang perintis dan pelaku pendidikan alternatif bagi Suku Kubu yang mendiami Taman Nasional Bukit Dua Belas, Jambi.

"Beberapa tokoh lain yang akan berbagai ilmu dan pengalaman adalah Sandiago Uno, Martha Tilaar dan Rezal Kusumatmadja," tandas Putri.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini