Share

UGM Raih Juara Desain Terbaik di Kontes Roket

Margaret Puspitarini, Okezone · Selasa 28 Juni 2011 19:10 WIB
https: img.okezone.com content 2011 06 28 373 473722 k7LFlkF7X1.jpg Foto : UGM

JAKARTAKompetisi Muatan Roket Indonesia (Komurindo) 2011 di Pantai Pandansimo, Bantul, Yogyakarta telah berakhir. Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta sebagai tuan rumah berhasil meraih predikat desain terbaik.  

Kemenangan Tim Gama-Sat 1 yang beranggotakan tiga mahasiswa Teknik Mesin UGM, yaitu Luiz Rizki Ramelan, Fahmi Bashar, dan Hari Magfiroh dengan dosen pembimbing, Eka Firmansyah ini disampaikan oleh perwakilan dewan juri Komurindo 2011, Dr. Ir. Endra Pitowarno di Kompleks Parasamya, Pemda Bantul, kemarin.

 

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Pada acara penutupan dan pengumuman pemenang tersebut turut hadir Direktur Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Dikti, Prof. Dr. Ir. Suryo Hapsoro Tri Utomo, Direktur Kemahasiswaan UGM, Drs. Haryanto, M.Si., Sekda Bantul, Drs. Riyantono, M.Si., dan perwakilan dari AAU dan Lapan.

 

Prof. Dr. Ir. Suryo Hapsoro berharap melalui Komurindo mahasiswa dapat belajar untuk merumuskan dan mencari solusi permasalahan yang dijumpai saat kompetisi dan ketika terjun ke masyarakat.

 

“Ya, seperti inilah hidup yang sebenarnya. Ada persoalan yang harus dicarikan solusi secara bersama-sama dan gotong-royong,” kata Suryo seperti dikutip dari situs UGM, Selasa (28/6/2011).

 

Selain UGM, sejumlah perguruan tinggi lain juga menuai prestasi, yakni Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Tim EEPISky G-02 PENS kembali meraih juara pertama dalam Komurindo seperti tahun lalu. Tim Eagle One dari Politeknik Bandung terpilih sebagai juara kedua, sementara juara tiga kembali dihuni oleh tim dari PENS, yaitu Starpens-01.

 

Dalam Komurindo kali ini, tim yang meraih prestasi tiga besar mendapatkan dana pembinaan Rp10 juta untuk juara pertama, Rp8 juta untuk juara kedua, dan Rp6 juta bagi juara tiga.

 

Kategori pemenang, terbagi lagi menjadi tiga juara harapan, yaitu RTS-X2 dari Universitas Komputer Indonesia Bandung sebagai juara harapan satu, tim Barelang Sky-01 dari Politeknik Negeri Batam sebagai juara harapan dua, dan juara harapan ketiga diraih MDP Ring dari STMIK MDP Palembang.

 

Sementara untuk kategori kreativitas terbaik disabet Electron Legacy dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini