nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Belum Akan Periksa Dewie Yasin Limpo

Dwi Afrilianti, Jurnalis · Sabtu 09 Juli 2011 18:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2011 07 09 339 477943 28GVX51CVu.jpg Dewie Yasin Limpo. (Foto: Runi Sari/okezone)

JAKARTA - Mabes Polri belum akan melakukan pemanggilan kepada Dewi Yasin Limpo, terkait pemalsuan surat Mahkamah Konstitusi yang melibatkan mantan caleg Hanura itu.

Hal tersebut dikatakan oleh Kabag Penum Mabes Polri Kombes Pol Boy Rafli Amar di Mabes Polri Jalan Trunojoyo, Jakarta, Sabtu (9/7/2011).

"Nanti agenda berikutnya ya. Tapi sekarang belum ada jadwal," ujar Boy.

Boy menambahkan pemeriksaan kepada Dewie baru akan dilakukan bila dalam pemeriksaan saat ini ada keterkaitannya.

"Kalau Ibu Dewi nanti dilihat dari pemeriksaan yang berjalan. Kalau nanti ada keterkaitan pasti ada (pemeriksaan)," katanya.

Kasus dugaan pemalsuan surat keputusan MK terkait kursi legislatif Dewie Yasin Limpo, berawal pada 14 Agustus 2009 silam, saat KPU mengirimkan surat kepada MK untuk menanyakan pemilik kursi DPR di Dapil Sulsel, yang diperebutkan Dewie Yasin Limpo dari Hanura dengan Mestariani Habie dari Gerindra.

MK kemudian mengirimkan jawaban tertulis dengan nomor surat 112/PAN MK/2009. Isinya, pemilik kursi yang ditanyakan jatuh kepada Mestariani Habie. Tetapi, KPU malah memberikan putusan kursi tersebut diberikan kepada Dewie Yasin Limpo.

Putusan versi KPU, didasarkan pada surat jawaban MK tertanggal 14 Agustus, tiga hari sebelum jawaban asli MK kepada KPU.

Keputusan ini membuat MK mengecek surat tanggal 14 Agustus yang dimaksud KPU, dan membandingkannya dengan surat yang benar-benar MK kirimkan pada 17 Agustus. Hasilnya, MK menyatakan surat 14 Agustus yang dijadikan dasar penetapan kursi bagi Dewie Yasin Limpo adalah palsu.

(hri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini