nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Demokrat Akan Usung Nazar Jadi Gubernur Aceh?

Salman Mardira, Jurnalis · Minggu 10 Juli 2011 18:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2011 07 10 340 478135 UGmz1qFT3S.jpg wordpress (ilustrasi)

BANDA ACEH – Wakil Gubernur Aceh Muhammad Nazar, dipastikan maju dalam Pemilukada Aceh 2011. Sebanyak 100 lembaga di Aceh hari ini menyatakan dukungannya kepada mantan Presedium Sentra Informasi Referendum Aceh (SIRA) untuk menjadi calon Gubernur Aceh 2012-2017.

 

Dukungan itu dilakukan melalui deklarasi bersama di depan Muhammad Nazar Center (MNC), kantor tim sukses Nazar di jalan Muhammad Hasan, Banda Aceh. Diikuti sekira 200 orang mewakili lembaga-lembaga tersebut, deklarasi dibacakan Fauzi, dari Lembaga Prima.

 

“Kami para pendukung dan simpatisan menyatakan tekat dan bekerja untuk memenangkan Teungku Muhammad Nazar sebagai Gubernur Aceh untuk kesempurnaan pembangunan Aceh menuju Aceh yang lebih bermartabat,” katanya, Minggu (10/7/2011).

 

Alasan mereka mendukung Nazar antara lain, bekas aktivis penuntut Referendum untuk Aceh ini dinilai sosok yang bisa menyatukan dan mengakomodir banyak kepentingan rakyat Aceh.

 

Nazar dinilai teruji, berpengalaman dan mampu membangun relasi dengan semua pihak, memiliki akses baik ke nasional dan international, tokoh muda inspiratif yang bisa membangun Aceh.

 

“Mayoritas masyarakat Aceh menyukai Muhammad Nazar sebagai tokoh muda Aceh dianggap menguasai bidang agama, ekonomi, politik, dan budaya,” ujar Fauzi.

 

Usai membaca deklarasi, sejumlah pendukung membubuhi tanda tangannya di selembar spanduk.

 

Nazar dikabarkan maju melalui jalur partai politik. Dia membatalkan maju melalui jalur independen. Tim sukses Nazar menyebutkan, pihaknya sudah mengumpulkan 460 ribu lembar fotocopy KTP dukungan masyarakat, namun batal diserahkan ke Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh karena memastikan maju lewat partai.

 

Hingga kini belum jelas partai mana yang akan mengusung Nazar. Sempat beredar kabar, PPP, Partai Golkar dan Partai Demokrat berminat mencalonkan Nazar, namun belum ada pernyataan resmi.

 

Nazar juga belum mengumumkan siapa pasangannya. Santer terdengar kabar dia akan berpasangan dengan Nasaruddin, Bupati Aceh Tengah.

 

Dalam dua survei calon Gubernur Aceh terakhir, Nazar memang lebih unggul dibanding calon lainnya seperti Irwandi Yusuf (Gubernur Aceh saat ini), Zaini Abdullah (petinggi GAM), Darni Daud (Rektor Universitas Syiah Kuala), dan Tarmizi Karim (mantan Bupati Aceh Utara).

 

Hasil survey lembaga Occidental Research Institut (ORI), Nazar teratas dengan meraih 45 persen dukungan dari 12 ribu responden. Survey Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) juga menunjukkan hal sama. Nazar unggul di 23 kabupaten/kota di Aceh.

(teb)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini