nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Din: Muhammadiyah Siap Membantu Prita

Ray Jordan, Jurnalis · Selasa 12 Juli 2011 18:19 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2011 07 12 339 479070 Vln82Ulx3o.jpg Prita Mulyasari (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Ketua Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah Din Syamsuddin mengaku ikut prihatin dengan putusan Mahkamah Agung yang memenangkan kasasi jaksa dalam kasus dugaan pencemaran nama baik oleh Prita Mulyasari.

Din juga menyatakan siap membantu Prita dalam menempuh jalur hukum untuk melawan putusan MA yang dinilai timpang dan tidak mewakili rasa keadilan di masyarakat.

"Saya pribadi menganggap masalah ini sudah selesai sejak 2008. dengan adanya putusan dari PN tanggerang. Namun ternyata ada kasasi dari MA. Sekali lagi kita semua menyatakan keprihatinan yang mendalam,” kata Din di Gedung PP Muhammadiyah, Jakarta, Selasa (12/7/2011).

Dia pun mengaku bingung dengan adanya dua keputusan MA yang bertentangan. Dimana sebelumnya PN Tangerang memputus bebas dalam perkara perdata, sementara MA tiba-tiba memvonis Prita bersalah dalam kasus pidana. Padahal dalam perkara itu, alat buktinya sama yakni keluhan Prita atas pelayanan RS Omni Internasional yang disampaikan melalui surat elektronik.

“Sekarang kita tidak tahu mana yang salah mana yang benar. Saya pribadi terusik dengan adanya putusan MA ini. Menurut sya ini ada diskriminasi, adanya keberpihakan kepada kepentingan bisnis. Saya juga menyayangkan kepada RS Omni yang memperkarakan masalah ini,” paparnya.

Din menjelaskan, pihaknya mengundang Prita karena dirinya bersama Muhamaddiyah, organisasi kepemudaan, dan semua rakyat ingin membantu Prita dalam mengajukan Peninjauan Kembali (PK).

“Jika mbak Prita butuh dukungan tanda tangan untuk dijadikan lampiran, baik dari ormas, tokoh individu, dan lain-lain, warga Muhammadiyah siap membantu, saya bisa kerahkan, agar hakim tidak terpaku pada hukum teks semata. Tapi lebih mengarah kepada keadilan substantif, demi terciptanya suatu keadilan,” jelas Din.

(ded)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini