nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diperiksa 10 Jam, Arsyad Dicecar 25 Pertanyaan

Rizka Diputra, Jurnalis · Jum'at 15 Juli 2011 19:54 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2011 07 15 339 480457 GQKcFbw98l.jpg Arsyad Sanusi (Foto: Heru Haryono/Okezone)

JAKARTA - Mantan Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Arsyad Sanusi dicecar 25 pertanyaan oleh penyidik Bareskrim Polri terkait perkara pemalsuan surat jawaban MK. Dia diperiksa selama sepuluh jam sejak pukul 09.00 WIB.

"Pertemuan saya dengan Zaenal Arifin, pertemuan saya dengan Pak Mahfud. Menanyakan juga bagaimana hubungan saya dengan Dewi Yasin Limpo, Andi Nurpati," kata Arsyad kepada wartawan usai menjalani pemeriksaan di Bareskrim Mabes Polri, Jumat (15/7/2011).

Kepada penyidik yang memeriksa, Arsyad menjelaskan tidak pernah terlibat pembuatan surat jawaban palsu MK ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait penetapan calon legislatif daerah pemilihan Sulawesi Selatan I.

"Saya sudah jelaskan semuanya. Surat dari MK maupun dari MK maupuan KPU yang sama sekali tidak pernah saya lihat. Tidak pernah diperlihatkan, tidak pernah saya baca, tidak pernah saya tahu," tegas Arsyad.

Dia juga mempertanyakan pembentukan tim investigasi internal MK atas kasus surat palsu tersebut. Menurutnya, tim internal tidak pernah mengklarifikasi dirinya atas kasus tersebut.

"Itulah yang jadi pertanyaan dari saya sehingga saya ini yang dapat fitnah, kezaliman dari MK. Mengapa tidak diperlihatkan kepada saya? Misalnya pembentukan tim investigasi internal," terang Arsyad.

Arsyad mengaku tak pernah diberitahu mengenai hasil investigasi internal.

"Saya bersidang sama-sama bergembira, sama-sama nonton bareng enggak ada, enggak tahu, di hadapan panja saya baru tahu, saya kaget setelah pulang dari umroh. Anda menilai bagaimana perlakuan terhadap mantan negarawan," jelasnya.

Arsyad keluar bersama putrinya Neshawati yang juga diperiksa bersamaan hari ini. Dia meninggalkan Bareskrim menggunakan mobil Mitsubishi Pajero dengan nomor polisi B 44 MAS.

(fer)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini