nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Demokrat Harus Bersihkan Partai dari Image Negatif

Tri Kurniawan, Jurnalis · Sabtu 16 Juli 2011 17:34 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2011 07 16 339 480651 hFX9XOREW2.jpg Partai Demokrat (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Partai Demokrat (PD) disarankan segera membersihkan diri dari kesan negatif sebagai partai kotor yang berlindung di balik jargon “Katakan Tidak untuk Korupsi”.

Demikian disampaikan pengamat politik, Yunarto Wijaya. "Kalau jangka pendek, ya pecatlah (Nazaruddin)," ungkapnya usai diskusi Polemik Radio Trijaya di Warung Daun, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (16/7/2011).

Langkah selanjutnya, dalam Rakornas, Demokrat harus membentuk aturan preventif yang menujukkan partai ini sangat serius mananggapi persoalan integritas dan pemberantasan korupsi.

"Sederhana saja, kode etik di Dewan Kehormatan jika ada anggota menjadi tersangka itu sudah harus dinonaktifkan menjadi kader Demokat," terangnya.

Bahwa kemudian pengadilan menyatakan Nazaruddin tidak bersalah bisa dikembalikan menjadi anggota. Alhasil, Demokrat jadi tidak perlu menunggu level terdakwa seperti yang ada dalam kode etik partai lain.

"Ini kalau Demokart berani melakukan, sudah menjukkan langkah lebih maju dibandingkan partai lain, terkait dengan penanganan masalah korupsi," pungkasnya.

 

(ded)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini