nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Gagalkan Pengiriman 74 TKI Illegal ke Malaysia

Oktavianus Fredi, Jurnalis · Minggu 17 Juli 2011 20:18 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2011 07 17 340 480832 A8qvc0LXYP.jpg Ilustrasi tki (Foto: Ist)

SIKKA- Petugas dari Polres Sikkan, Nusa Tenggara Timur, menggagalkan pengiriman puluhan tenaga kerja Indonesia (TKI) illegal ke Malaysia. Ironinya, para TKI ini tidak memiliki dokumen dari Kementrian Ketenagakerjaan dan Transmigrasi.

Para TKI ini dijanjikan bekerja dengan upah yang tinggi di Malaysia. Rinciannya 14 orang TKI asal Kabupaten Belu dan 60 orang TKI asal Kabupaten Sikka.

Penggagalan itu berkat laporan keluarga TKI ke aparat Polres Sikka. Tanpa membuang waktu, polisi langsung mengamankan 74 TKI itu dari atas kapal motor Bukit Siguntang. Mereka kemudian kemudian digiring ke Mapolres Sikka untuk diperiksa.

Samuel Seran, salah perekrut TKI asal Kabupaten Belu, berdalil jika tenaga kerja yang direkrutnya akan dibawa ke Malaysia. Menurutnya mereka akan dipekerjakan di PT Akasia Utama yang ada di Kalimantan Timur.

Kasubag Humas Polres Sikka AKP Marten Behi mengatakan, para TKI ini diamankan karena tidak mengantongi dokumen yang resmi. Karena itu mereka diamankan untuk diperiksa dan selanjutnya dipulangkan ke daerah asalnya.

Sementara para perekrut, jika terbukti bersalah akan diproses sesuai hukum dan dikenakan undang undang PJTKI tentang perekrutan tanpa dokumen. Hingga kini para t-k-i dan perekrut para t-k-i masih menjalani pemeriksaan di Mapolres Sikka.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini