6 Tersangka Kasus NII di Jateng Terancam 15 Tahun Bui

Nugroho Setyabudi, Okezone · Rabu 20 Juli 2011 11:49 WIB
https: img.okezone.com content 2011 07 20 340 481978 5pLZZjkTNt.jpg (NII Crisis Center)

SEMARANG- Setelah ditahan selama 58 hari di Mapolda Jawa Tengah, enam tersangka kasus Negara Islam Indonesia (NII) akhirnya diserahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Ambarawa, Kabupaten Semarang.

Enam tersangka itu adalah Sulamin, Totok Dwi Harjanto, Mardiyanto, Nur Basuki, Supandi, dan Mujono Agus Salim. Para tersangka kasus NII ini diancam dengan Pasal 107 KUHP tentang Makar dengan ancaman hukuman penjara 15 tahun sampai seumur hidup.

Keenam tersangka yang ditangkap di wilayah Ungaran Barat tepatnya di Jalan Nusa Indah, Nomor 3, pada pertengahan Mei lalu itu diserahkan ke Kejari Ambarawa, karena tempat kejadian perkara di wilayah Kabupaten Semarang.

Penyerahan ini merupakan tahap kedua proses pelimpahan para tersangka ke Kejaksaan. Ini dilakukan setelah pihak kejaksaan menyatakan berkas para tersangka P21 atau lengkap.

“Pihak Kejaksaan sudah menyatakan berkas lengkap jadi tersangka segera dilimpahkan dan segera dapat disidangkan,” sebut Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Jateng Kombes Bambang Rudi Pratiknyo.

Pelaksanaan pelimpahan dilakukan di Ditreskrimun Polda Jateng sekira pukul 08.00 WIB. Enam tersangka kemudian dibawa ke Kantor Kejaksaan Tinggi untuk pengecekan kelengkapan administrasi. Setelah itu mereka langsung dikirim ke Kejari Ambarawa.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini