13 Universitas Paling Menarik di AS versi Fiske Guide

Riani Dwi Lestari, Okezone · Minggu 24 Juli 2011 20:21 WIB
https: img.okezone.com content 2011 07 24 373 483679 3jJxMbssZ2.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Sebuah perusahaan penerbitan buku yang berkomitmen dalam dunia pendidikan tinggi di Amerika, yang terkenal dengan varian bukunya bertajuk Fiske Guide to Collage mempublikasikan 13 universitas yang paling menarik di Negeri Paman Sam.

Unsur menarik di sini dilihat secara holistik dari seluruh elemen yang berhubungan erat dengan kampus. elemen yang diteliti diantara lain yakni keberagaman jurusan, fasilitas, bantuan keuangan, dan lainnya.

Berikut daftar 13 universitas paling menarik versi Fiske Guide to Collage 2012, seperti dikutip Huffington Post, Minggu (24/7/2011):

1. Cooper Union, New York

Biaya kuliah terjangkau, ada beberapa jurusan yang tidak dipungut biaya seperti kesenian, arsitektur dan teknik.

2. Cornel College, Iowa

Salah satu kurikulum Cornel mewajibkan mahasiswanya belajar di luar kampus selama tiga setengah minggu sepanjang semester. Melalui institusi liberal art, Cornel juga memliki program studi bisnis, pendidikan, kedokteran dan hukum yang menguntungkan mahasiswanya.

3. Deep Springs College, Nevada

Deep Springs  merupakan  perguruan tinggi paling elit sepanjang dua tahun ini, biaya kuliah gratis dan memiliki sistem seleksi yang cukup ketat saat penerimaan mahasiswa.

4. Evergreen State College, Washington DC

Sebagai perguruan eksperimental, Evergreen tidak memiliki nilai jurusan dan bahkan departemen. Aneh bukan? Justru hal tersebut merupakan poin menarik. Sayangnya, sistem khas Evergreen yang disebut interdicipliner tidak seselektif dulu.

5. Prescott College, Arizona

Kampus yang cocok untuk mahasiswa yang mencintai lingkungan hidup dan alam bebas. Prescott memfasilitasi mahasiswa dengan ektrakulikuller Search and Rescue (SAR), Eco-psikologi, dan klub konservasi Ritus Wilderness of Passage.

6. Kalamazoo College, Michigan

Institusi liberal arts yang sering mengirimkan mahasiswanya untuk studi ke luar negeri melalui program K-plan-nya. Dengan sisterm kuartal, memungkinkan mahasiswa untuk keluar kampus guna melengkapi resume magang yang menguntungkan.

7. Davidson College, N.C

Tidak ada bantuan finansial dalam bentuk utang di kampus ini, bantuan finansial di kampus "Dartmouth dari Selatan" ini berupa hibah. Davidson adalah salah satu pemrakarsa hibah di Amerika.

8. Worcester Polytechnics Institute, Massachuttes

meskipun dicap kolot oleh sebagian komunitas perguruan tinggi, namun Worcester merupakan kampus dengan tingkat inovasi terbesar ketiga di Amerika. Basis proyek mereka adalah humanistik tehnik.

9. College of the Atlantic, Maine

Sebagai kampus yang bersahaja, hal unik yang terjadi di kampus ini antara lain rata-rata sivitas akademiknya memiliki karakteristik yang sama! Sayangnya Fiske menyatakan kampus ini sebagai institusi terkecil kedua di Amerika.

10. Warren Wilson College, N.C

Kampus ini mempromosikan perspektif global dengan menempatkan mahasiswanya bekerja di pertanian kampus. Konsep institusi ini adalah "go green" yang bekerja sama dengan Ashville untuk membeli alat manipulasi emisi karbon.

11. Marlboro College, Marlboro

Fakta menarik dari kampus ini, seluruh mahasiswa dari berbagai fakultasnya lulus dengan jenjang waktu selama enam tahun, padahal hal tersebut bukan sebuah kebijakan kampus.

12. Franklin W Olin College of Engineering, Massachuttes

Kampus yang baru berdiri sejak 2002 tersebut mengedepankan konsep "Teknologi Sepenuh Jiwa" yang berfokus pada kurikulum inovasi yang bersaing dengan Massachuttes Institute of Technics (MIT)

13. Colorado College, Colorado

Dengan metode One Course Methode-nya cocok sekali untuk mahasiswa yang ingin mendalami studi ke lapangan (field trip study). Colorado College adalah satu-satunya universitas liberal arts terbaik di Amerika.

(ahm)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini