Share

IA ITB Gelar Pameran Seni Rupa Kontemporer Islami

Riani Dwi Lestari, Okezone · Senin 25 Juli 2011 17:10 WIB
https: img.okezone.com content 2011 07 25 373 484056 fjhxsftlnt.jpg Ilustrasi : Getty Images

JAKARTA - Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA ITB) dan Yayasan Inisaf menggelar pameran seni rupa kontemporer Islami yang diikuti 200 seniman dari berbagai daerah di Tanah Air.  

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan, pameran yang mengusung Bayang sebagai tema besarnya, bisa dikunjungi setiap hari oleh masyarakat umum dari 28 Juli-14 Agustus 2011 di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta.

 

Adapun pembukaan pameran seni ini akan digelar pada Rabu 27 Juli 2011, pukul 19.00 WIB, yang akan diresmikan oleh Menteri Perekonomian (Menko) Hatta Rajasa.

 

Melalui konferensi pers yang diadakan Senin (25/7/2011) siang ini, Ketua Panitia Pameran Seni Rupa Kontemporer, Abdul Sobur mengatakan, seni rupa Islam juga merupakan bagian penting bagi bangsa Indonesia, walaupun sering dicap keras.

 

"Kenapa seni Islam kontemporer? Sudah seharusnya untuk komunitas muslim terbesar di dunia membuktikan pada dunia bahwa kami punya kegiatan nyata. Dan pameran ini salah satu bentuk nyatanya," kata Sobur pada wartawan di Ruang Seminar Galeri Nasional Indonesia, Senin (25/7/2011).

 

Dari segi ekonomi, lanjut Sobur, pameran ini juga turut mendukung program pemerintah yang gencar mengenai produk ekonomi kreatif.

 

Mengenai seni rupa kontemporer bernafas Islami yang dipamerkan, salah satu kurator Rizki Ahmad Zaelani menyebutkan, seni kontemporer Islami tidak hanya berupa kaligrafi.

 

"Seniman pada pameran kali ini mempersepsikan Islam ke dalam bentuk-bentuk seni Islam sesuai visi mereka, yakni melalui lukisan, patung, objek, seni instalasi, fotografi, dan video art," ujar Rizki.

 

Adapun 200 seniman yang mengikuti pameran ini berasal dari Aceh, Padang, Pekanbaru, Jakarta, Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, dan Lombok.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini