Share

Pantau Gunung Marapi, PVMBG Pasang Alat Deteksi

Rus Akbar, Okezone · Kamis 04 Agustus 2011 10:27 WIB
https: img.okezone.com content 2011 08 04 340 487955 OWFl4EVXOm.jpg Gunung Marapi (Foto: Rus Akbar/okezone)

PADANG- Meski Gunung Marapi berstatus Waspada atau level II, namun aktivitas gunung yang berlokasi di tiga kabupaten Sumatera Barat itu terus meningkat.

Untuk memantau peningkatan aktivitas tersebut, tim dari Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) akan memasang alat di kawasan Gunung Marapi.

“Rencananya pagi ini,” kata Waseno, petugas pengamat Gunung Marapi PVMBG Sumatera Barat saat dikonfirmasi okezone, Kamis (4/8/2011).

Tim, lanjut Waseno, juga mempersiapkan sejumlah peralatan serta kebutuhan seperti tenda dan logistik saat melakukan memantau aktivitas Gunung Marapi.

Sebelumnya, hujan abu dan bau belerang akibat letusan Gunung Marapi menyebar ke sejumlah daerah di Sumatera Barat seperti Kabupaten Padang Pariaman, Padang Panjang, Bukittinggi, Agam, serta Tanah Datar.

Meski demikian, Kepala Pusat Pengendali Operasi Penanggulangan Bencana Sumatera Barat Ade Edwar, menilai belum akan melakukan evakuasi terhadap warga yang tinggal di kaki gunung.

Namun dia mengimbau warga tidak berada di radius 3 kilometer dari bibir kawah gunung. Ade menambahkan, pihaknya sudah menyiagakan petugas untuk memantau aktivitas Gunung Marapi selama 24 jam non-stop.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini