Share

Antisipasi Letusan Marapi, Posko-Posko Siaga Dihidupkan

Rus Akbar, Okezone · Kamis 04 Agustus 2011 11:39 WIB
https: img.okezone.com content 2011 08 04 340 488006 H9HM2uTbIw.jpg Gunung Marapi (Foto: Rus Akbar/Okezone)

PADANG - Material erupsi Gunung Merapi di Sumetara Barat diperkirakan mengarah ke wilayah Kabupaten Agam dan Tahan Datar. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, pos-pos siaga di kawasan ini mulai disiagakan.

“Posko siaga diprioritaskan di nagari-nagari yang berada di lereng Gunung Marapi, seperti Nagari Aie Angek, Koto Baru, Paninjauan, Sungai Pua, dan Lasi,” kata Koordinator Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) Sumbar Ade Edwars kepada okezone, Kamis (4/8/2011).

Menurut Ade, sejak tadi pagi ini petugas BPBD masing-masing kabupaten/kota sudah mendatangi pos siaga di tiap nagari untuk melakukan sosialisasi mengenai lokasi posko, tempat dan jalur evakuasi, serta sinergitas jajaran pemerintah untuk melakukan penanggulangan bencana.

“Posko siaga ini akan berlangsung selama Gunung Marapi berstatus waspada,” ungkapnya. Ade menambahkan, pendirian posko-posko tersebut sudah dalam koordinasi Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, dan PMI setempat.

“Daerah yang beresiko tinggi yang terkenan imbas kalau benar-benar gunung ini meletus adalah daerah berada di lereng dan kaki Gunung Marapi. Hampir semua daerah tersebut berada di wilayah Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Agam. Sedangkan Kota Padang Panjang dan Kota Bukittinggi relatif aman,” jelasnya.

(ded)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini