Share

Angin ke Tenggara, Abu Gunung Marapi ke Padang Panjang

Wahyu Sikumbang, RCTI · Kamis 04 Agustus 2011 11:43 WIB
https: img.okezone.com content 2011 08 04 340 488007 ED7gbewqyQ.jpg Gunung Marapi (Foto: Rus Akbar/okezone)

BUKITTINGGI- Hujan abu vulkanik yang berasal dari aktivitas Gunung Marapi masih terjadi di sejumlah wilayah. Hari ini angin bertiup ke arah tenggara dan diperkirakan mengguyur wilayah Padang Panjang.

β€œArah angin ke tenggara,” kata Ketua Pos Pengamatan Gunung Marapi PVMBG, Warseno, saat ditemui di lokasi pengamatan, Bukittinggi, Kamis (4/8/2011).

Sementara itu wilayah Padang Luar dan Sariak, Kabupaten Agam, yang berada di kaki Gunung Marapi kini sudah bersih dari abu vulkanik. Hujan yang mengguyur wilayah ini semalam, membersihkan dari abu.

Meski demikian, lanjut Warseno, PVMBG belum menurunkan status Gunung Marapi dari level Waspada. Petugas tetap melarang warga melakukan aktivitas di radius 3 kilometer dari kawah Gunung Marapi.

Pantauan di lapangan, aktivitas warga di Bukittinggi masih normal. Puncak Gunung Marapi tertutup kabut tipis akibat pembakaran hujan. Tidak ada awan hitam di sekitar kaki Gunung Marapi.

Sebelumnya, hujan abu dan bau belerang akibat letusan Gunung Marapi menyebar ke sejumlah daerah di Sumatera Barat seperti Kabupaten Padang Pariaman, Padang Panjang, Bukittinggi, Agam, serta Tanah Datar.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini