10.505 Maba Unpad Diharapkan Lulus Tepat Waktu

Riani Dwi Lestari, Okezone · Minggu 07 Agustus 2011 17:15 WIB
https: img.okezone.com content 2011 08 07 373 489154 0ns0kyjsTz.jpg Rektor Unpad, Ganjar Kurnia (ist)

JAKARTA - Sebanyak 10.505 mahasiswa baru (maba) Universitas Padjajaran (Unpad) diharapkan agar lulus tepat waktu. Hal tersebut diungkapkan oleh Rektor Unpad Ganjar Kurnia, saat membuka prosesi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) kemarin.

"Penyelesaian studi tepat waktu, selain menguntungkan bagi mahasiswa, juga turut memberikan kesempatan yang luas pada orang lain untuk dapat diterima di Perguruan Tinggi (PT)," kata Ganjar di hadapan maba, seperti dilansir dari laman Unpad, Minggu (7/8/2011).

Jika mahasiswa tidak lulus tepat waktu, lanjut Ganjar, berarti mahasiswa tersebut akan mempengaruhi rasio dosen dengan mahasiswa, juga rasio berbagai fasilitas pendidikan dengan mahasiswa itu. Hal tersebut akan mengahambat orang lain untuk bisa menikmati pendidikan tinggi.

Selain itu, dia menambahkan, keberhasilan diterima di PT itu memerlukan banyak tanggung jawab, baik kepada diri sendiri, orangtua, maupun kepada masyarakat.

"Ditambah lagi, persaingan untuk masuk Unpad semakin ketat karena meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap PT ini. Perlu diingat, walaupun orangtua telah memberikan kontribusi biaya pendidikan, tetapi proporsi terbesar yaitu sekira dua per tiganya, tetaplah diberikan oleh masyarakat melalui negara," kata Ganjar mengingatkan.

(ahm)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini