nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menlu: Penangkapan Umar Patek Bukan Titipan AS

Fajar Nugraha, Jurnalis · Kamis 11 Agustus 2011 20:19 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2011 08 11 337 491032 zEBJYnjUP1.jpg Umar Patek (Foto: AP)

JAKARTA - Ekstradisi yang dilakukan Umar Patek oleh Pakistan, menurut Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa bukanlah titipan dari Amerika Serikat. Menurutnya Patek memang sudah ditahan oleh Pakistan.

"Sejak awal ketika Umar Patek ditangkap di Pakistan, memang sudah beberapa negara yang juga tentu memiliki perhatian kepada yang bersangkutan," ucap Menlu Marty Natalegawa disela-sela acara buka puasa Kemenlu di Gedung Pancasila, Jakarta, Kamis (11/8/2011).

Memang sudah beberapa negara yang memiliki minat terhadap Patek. Indonesia tentunya Australia, Flipina, dan AS saling mengklaim atas Patek.

"Namun sejak awal semua negara itu mengakui Indonesialah yang memiliki kepedulian dan perhatian yang lebih dari negara lain itu sehingga Umar Patek harus melalui proses hukum di Indonesia, bukan di negara-negara lain," tutur Menlu.

Sebelumnya tersirat kabar bahwa Indonesia menolak untuk menerima Patek. Namun Menlu membantah itu semua.

"Bukan menolak, pemerintah ingin memastikan ketika Umar Patek kembali ke tanah air, dakwaan yg ditudukan kepada beliau sudah siap. Hanya kemarin kita meminta kepada otoritas Pakistan untuk bisa mempersiapkan berkas hukum dan dakwaan yang akan dikenakan kepada beliau,"lanjutnya.

Baginya hal ini hanya tahapan, bukan penolakan. Hal ini juga hanyalah masalah proses dan masalah waktu.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini