MA Belum Sikapi Rekomendasi KY Soal Hakim Antasari

Kholil Rokhman, Koran SI · Kamis 11 Agustus 2011 11:54 WIB
https: img.okezone.com content 2011 08 11 339 490768 E6pKdiohsc.jpg Antasari Azhar (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Kendati Komisi Yudisial (KY) telah mengeluarkan rekomendasi perkara dugaan pelanggaran kode etik oleh tiga hakim yang menanggani kasus Antasari Azhar, namun Mahkamah Agung (MA) belum bersedia memberikan respons.

MA mengaku belum mendapatkan rekomendasi hasil pemeriksaan KY. "MA belum terima surat dari KY, jadi kami belum bisa berpendapat," kata Juru Bicara MA Hatta Ali, melalui pesan singkatnya, Kamis (11/8/2011).

Sebelumnya, KY telah memutuskan tiga hakim perkara Antasari di tingkat pertama melanggar kode etik dan perilaku dalam menyidangkan perkara Antasari. Ketiga hakim tersebut adalah Herry Swantoro, Ibnu Asmara, dan Nugroho Setiaji.

Namun, KY tidak mau mengungkapkan secara rinci pelanggaran yang dilakukan ketiga hakim tersebut. Wakil Ketua KY Imam Anshori Saleh mengatakan, hasil pemeriksaan KY akan diserahkan ke MA dalam bentuk rekomendasi.

Imam mengungkapkan rekomendasi yang diberikan KY hanya rekomendasi sanksi ringan pada ketiga hakim tersebut. Rekomendasi ringan yang kemungkinan akan diberikan KY adalah rekomendasi sanksi non palu selama 6 bulan.

Artinya, ketiga hakim tersebut direkomendasikan agar tidak menangani perkara selama 6 bulan. Rekomendasi KY tersebut jika disepakati akan diproses di Majelis Kehormatan Hakim. Majelis Kehormatan Hakim terdiri atas empat anggota KY dan tiga hakim agung dari MA.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini