nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PM Thailand Langsung Tunjuk Kabinet

Fajar Nugraha, Jurnalis · Kamis 11 Agustus 2011 10:48 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2011 08 11 411 490716 T0wXGDzUqI.jpg Yingluck Shinawatra beri hormat pada Raja Thailand (Foto: AP)

BANGKOK- Perdana Menteri Thailand, Yingluck Shinawatara, langsung membentuk kabinet baru, setelah menerima dukungan dari Kerajaan Thailand. Anggota kabinet ini dilaporkan mencapai 35 orang.

Sebagian besar dari anggota kabinet ini diketahui merupakan sosok partai yang membawa Yingluck yakni Partai Puea Thai. Raja Bhumibol Adulyadej yang menyetejui kabinet ini pada Rabu malam waktu setempat. Demikian diberitakan Reuters, Kamis (11/8/2011).

Daftar kabinet yang disimpan rapat-rapat hingga mendapatkan persetujuan raja, memasukan nama Kittirat Na Ranong sebagai Menteri Perdangangan. Kittirat dahulunya lebih dikenal sebagai Ketua bursa efek Thailand.

Sementara Thirachai Phuvanatnaranubala diangkat sebagai Menteri Keuangan Thailand. Mantan Deputi Gubernur Bank Sentral Thailand ini sebelumnya mengundurkan diri sebagai kepala pengawas pasar finansial pekan lalu.

Pembentukan kabinet yang dipenuhi tokoh Puea Thai ini, membuka peluang Yingluck untuk membawa pulang kakaknya yang saat ini dalam pengasingan. Seperti diketahui, Thaksin Shinawatra yang juga mantan Perdana Menteri Thailand berada diluar negeri untuk menghindari kasus korupsi yang diarahkan padanya.

Thaksin yang kekuasaannya dikudeta 2006 lalu, dikabarkan diusahakan untuk dipulangkan segera Thailand. Namun tentunya langkah yang akan dilakukan oleh Yingluck untuk memulangkan kakaknya, bisa jadi menemui jalan yang amat berat.

Meski Puea Thai menguasai 60 persen kursi parlemen, tetap saja pihak oposisi dipastikan melawan rencana yang hingga kini belum terwujud itu. Butuh waktu lama bagi Yingluck untuk membawa pulang kakaknya.

(faj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini