nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

14 Parpol Baru Daftar di Kemenkumham

Hendry SIhaloho, Jurnalis · Selasa 23 Agustus 2011 06:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2011 08 23 339 495085 6SS15S2tIf.jpg Partai peserta pemilu 2009 (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Hingga tadi malam, 14 partai politik (parpol) telah mendaftar ke Kementerian Hukum dan HAM untuk memperoleh status badan hukum. Pendaftaran ditutup hingga Selasa dini hari.

Staf pendaftaran parpol Kemenkumham AhmadGeloramengatakan, awalnya ada 14 parpol yang mendaftar, tapi belakangan Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia (PKBI) milik Yenny Wahid mengundurkan diri dan mengganti menjadi Partai Kemakmuran Bangsa Nusantara (PKBN). Sebelumnya sempat terdaftar dua-duanya. Ahmad mengaku tidak tahu apa alasannya pengunduran dirinya.

Dari ketiga belas parpol baru tersebut, hanya Partai Penganut Thariqot Islam Negara yang kembali mendaftarkan diri untuk memperoleh status badan hukum. Sebelumnya, partai tersebut telah mendaftarkan diri.

“Seperti tidak serius. Waktu itu juga partai tersebut mendaftar, tapi tidak melengkapi berkas,” kata Ahmad di Jakarta, Senin (22/8/2011). Dia melanjutkan, dari empat belas parpol, hanya Partai Nasdem yang melengkapi berkas, namun belum diketahui hasil verifikasinya. Menurutnya, verifikasi berkas kembali dilanjutkan setelah 22 September mendatang.

Ke-14 parpol yang mendaftar yakni Partai Nasional Republik, Partai Nasdem, Partai Persatuan Nasional, Partai Kemakmuran Bangsa Nusantara, Partai Republik Satu, Partai Republik Perjuangan, Partai Satria Piningit, Partai Penganut Thariqot Islam Negara, Partai Karya Republik, Partai Serikat Rakyat Independen, Partai Indonesia Rakyat Bangkit, Partai Independen, Partai Kekuatan Rakyat Indonesia, Partai Demokrasi Pancasila (Depan).

(ded)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini