Share

Gerilyawan Palestina Setuju Gencatan Senjata

Fajar Nugraha, Okezone · Jum'at 26 Agustus 2011 11:17 WIB
https: img.okezone.com content 2011 08 26 412 496593 QHGaGdhNdj.jpg Gaza usai diserang jet tempur Israel (Foto: AP)

GAZA - Kelompok gerilyawan Palestina di Perbatasan Gaza sepakat untuk melakukan gencatan senjata dengan Israel. Langkah ini mereka ambil setelah berlangsung pertempuran berdarah selama berhari-hari dengan Negara Yahudi tersebut.

Tokoh senior Islamic Jihad Nasiz Azzam mengatakan, gencatan tersebut akan efektif berlaku pada Jumat tengah malam. Tidak lupa Azzam mengucapkan apresiasinya terhadap Mesir yang mengupayakan gencatan senjata ini.

"Pihak Mesir benar-benar berusaha keras agar gencatan senjata dapat disepakati," ucap Azzam seperti dikutip AFP, Jumat (26/8/2011).

Upaya gencatan senjata ini sendiri diupayakan oleh pihak Mesir akhir pekan lalu, menyusul aksi penembakan yang dilakukan gerilyawan Palestina ke Israel. Serangan itu sendiri mengakibatkan delapan warga Israel tewas.

Juru bicara Hamas Salah al-Bardawi mengkonfirmasi perjanjian gencatan senjata yang disepakati oleh pihak gerilyawan dengan Israel. 

"Pemerintah Hamas mendesak seluruh faksi perlawanan Palestina untuk memberikan kesempatan kepada Israel, untuk menghentikan agresi mereka," tegas Salah al-Bardawil.

Israel dan pihak gerilyawan terlibat serangan berbalasan di wilayah perbatasan pekan lalu. Usai delapan warga Israel tewas ditembaki kelompok gerilyawan, Israel pun melancarkan serangan udara yang menewaskan 15 warga Palestina dan melukai 55 lainnya.

(faj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini