Besok 6 Tersangka Makar Disidangkan di PN Semarang

Nugroho Setyabudi, Okezone · Senin 05 September 2011 19:19 WIB
https: img.okezone.com content 2011 09 05 340 499059 AMnOyj7ShG.jpg ilustrasi

SEMARANG - Enam orang tersangka kasus makar NII yang ditangkap Polda Jawa Tengah dalam sebuah penggrebekan di Kabupaten Semarang, besok Selasa 6 September akan menjalani sidang perdana.

Sesuai dengan lokasi kejadiannya, persidangan akan digelar di Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten Semarang.

“Besok rencananya akan disidang,” terang Asisten Pidana Umum (Aspidum) Kejati Jateng Sugeng Pudjianto saat dikonfirmasi, Senin (5/9/2011).

Meraka adalah Sulamin asal Kebumen, Totok Dwi Harjanto alias Nizam Sidik, warga Banyumanik, Semarang, Mardiyanto, warga Ungaran Barat, dan Nur Basuki dari Magelang. Kemudian Supandi, warga Jakarta Selatan dan Mujono Agus Salim, warga Tegal.

Seluruh tersangka yang sudah dilimpahkan ke Kejari Ambarawa dan dijerat dengan Pasal 107 KUHP junto Pasal 110 KUHP tentang persekutuan jahat untuk melakukan makar dengan ancaman hukuman penjara 15 tahun sampai seumur hidup.

Aspidum mengatakan, untuk melakukan penuntutan terhadap seluruh tersangka Kejati menyiapkan sepuluh Jaksa yang terdiri dari delapan jaksa dari Kejati dan dua jaksa dari Kejari Ambarawa.

“Jaksa sudah disiapkan gabungan dari Kejati dan Kejari Ambarawa,” jelasnya kemarin.

Dia menambahkan, berkas dakwaan enam tersangka akan dibagi menjadi empat berkas dakwaan dengan rincian, dua berkas untuk empat terdakwa dan dua berkas untuk dua terdakwa.

Sebagaimana diketahui, pada Senin 23 Mei siang tim khusus Mabes Polri melakukan penggerebekan di sebuah rumah di Perumahan Nusa Indah Nomor 3, Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Dalam penggerebekan tersebut, polisi berhasil menangkap enam orang yang diduga anggota jaringan NII. Polisi juga mengamankan barang bukti berupa, satu unit mobil Honda CRV H 7232 PG, Daihatsu Xenia H 8554 GR, sepeda motor Suzuki Spin H 2281 NZ, Honda Win B 5336 JN, Yamaha Mio H 3427 CV, dan sejumlah dokumen terkait NII.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini