Sidang Perdana Permohonan PK Antasari Digelar Pagi Ini

Rizka Diputra, Okezone · Selasa 06 September 2011 06:30 WIB
https: img.okezone.com content 2011 09 06 339 499116 QpHDYO4fdp.jpg Mantan Ketua KPK Antasari Azhar (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Sidang permohonan Peninjauan Kembali (PK) Antasari Azhar akan digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pagi ini. Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini menyiapkan sejumlah bukti baru (novum) yang akan dipaparkan dalam memori PK nya.

"Hari ini sidang perdana PK Pak Antasari pukul 09.00 wib," ujar pengacara Antasari, Maqdir Ismail kepada okezone, Selasa (6/9/2011).

Sekadar diketahui, sedikitnya ada lima bukti baru atau novum yang dapat dijadikan dasar diajukannya PK. Yakni, pesan singkat berisi ancaman terhadap Nasrudin yang tidak pernah ditunjukkan dalam sidang.

Uang tunai sebesar Rp500 juta yang juga tidak pernah dihadirkan dalam persidangan. Serta, perbedaan barang bukti senjata api dan proyektil peluru dengan keterangan ahli forensik, juga baju Nasrudin saat penembakan yang hingga kini tidak jelas keberadaannya.

Menurut Antasari, lima novum dalam PK tersebut akan dibacakan sendiri olehnya sebagai wujud perlawanan dalam menegakkan keadilan atas rekayasa kasus yang menimpa dirinya.

Dia yakin dirinya adalah korban atas rekayasa kasus pembunuhan Nasrudin yang sangat bermuatan politis.

"Saya tidak pernah mengirimkan pesan singkat berisi ancaman kepada Nasrudin. Saya siap dihukum mati jika terbukti mengirim SMS itu," kata Antasari beberapa waktu lalu.

Selain lima novum yang ada, Antasari juga akan memasukkan temuan Komisi Yudisial (KY) terkait pelanggaran kode etik profesionalisme hakim yang menangani kasusnya.

Terlibatnya Antasari dalam kasus pembunuhan Nasrudin, disinyalir hanya untuk mempetieskan kasus-kasus besar yang melibatkan sejumlah pejabat tinggi negara yang sedang ditanganinya saat masih menjabat Ketua KPK. (put)

(hri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini