nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bandung Berbenah Jelang Kedatangan Eto'o & Jackie Chan

Iman Herdiana, Jurnalis · Senin 19 September 2011 01:25 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2011 09 19 340 504068 7zVR3tPPid.jpg Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)

BANDUNG - Babakan Siliwangi (Baksil) di Bandung, Jawa Barat, mulai dibersihkan oleh berbagai komunitas di Bandung. Sebanyak 200-an orang turut membersihkan tempat yang dicanangkan jadi hutan kota dunia itu.

Pembersihan Baksil dilakukan juga untuk menyambut pelaksanaan konferensi lingkungan internasional TUNZA International Children and Youth Conference On the Environment 2011 pada Selasa 27-30 September 2011.

"Kita gak mau Baksil batal jadi hutan kota dunia karena masih banyak sampah saat pelaksanaan konferensi," kata Ketua Bandung Creative Community Forum (BCCF) Ridwan Kamil di sela acara pembersihan, Minggu (18/9/2011).

Dalam konferensi yang akan dihadiri 1.000 lebih perwakilan dari 150 negara itu, Baksil akan dideklarasikan sebagai Hutan Kota Dunia. Rencananya, konferensi akan dihadiri pemain sepakbola Samuel Etoo, petenis Maria Saravova, dan aktor mandarin Jackie Chan.

Ridwan berharap, kegiatan bersih-bersih tidak hanya digelar menjelang pelaksanaan konferensi internasional. Tetapi kegiatan serupa akan dilaksanakan secara berkala minimal satu bulan sekali. "Kami berharap ini menjadi tradisi warga Bandung dalam menjaga hutan kota Baksil," harapnya.

Dalam kesempatan itu, BCCF dan komunitas serta warga juga melepas sejumlah burung dan serta tiga ekor tupai di Baksil. Burung yang dilepas terdiri dari belasan ekor dari berbagai jenis seperti burung kacamata, piit bondol, dan manyar. Kegiatan melepas satwa rencananya akan dilakukan tiap satu pekan hingga sebulan sekali. "Sehingga hutan kota tidak hanya rimbun oleh pohon," tukas Ridwan.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini