Share

33 Mahasiswa UGM Berangkat KKL di Malaysia

Margaret Puspitarini, Okezone · Rabu 21 September 2011 18:10 WIB
https: img.okezone.com content 2011 09 21 373 505402 kLMe1FqiFU.jpg Foto : UGM

JAKARTA - Dekan dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Kerja Sama, dan Alumni melepas 33 mahasiswa program studi Pembangunan Wilayah Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta yang akan mengikuti Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di Malaysia.

Para mahasiswa ini akan mengikuti kegiatan selama satu pekan, yakni mulai 22 hingga 29 September 2011.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Wakil Dekan, Luthfi Muta'ali mengungkapkan, KKL ini merupakan tahapan terakhir yang wajib ditempuh mahasiswa melalui mata kuliah KKL 3PW: Studi Pengembangan Wilayah.

"Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan menjadi bagian dari satu pelaksanaan misi UGM, yaitu meningkatkan kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat berkelas dunia, beridentitas kerakyatan serta membangun sosio-budaya Indonesia. Dan mewujudkan visi Fakultas Geografi untuk menjadi pusat unggulan dalam bidang geografi bertaraf internasional," ujar Luthfi seperti dilansir dari laman UGM, Rabu (21/9/2011).

Luthfi menerangkan, KKL ini terselenggarakan berkat kerja sama dengan Department of Geography, Faculty of Arts and Social Sciences, University of Malaya, Malaysia.

Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan selama KKL meliputi, kuliah pengantar oleh dosen di University of Malaya dengan materi Overview of Kuala Lumpur City, General Problems of Urban Area and Urban Management dan observasi melalui Field Tour around KL and related sub themes areas.

Sementara kegiatan penggalian data dilakukan dengan menerapkan metode RUA (Rapid Urban Appraisal), yaitu terdiri dari pengumpulan data sekunder dari beberapa instansi, transect, observasi, dan in depth interview. Sebagai puncak acara akan digelar Malaysia-Indonesia Students Seminar on Urban Management.

Tujuan acara ini, lanjut Luthfi, untuk mempersiapkan mahasiswa untuk aktif dalam kegiatan bertaraf internasional. "Acara ini bertujuan melatih dan menyiapkan mahasiswa untuk aktif dalam seminar internasional, di samping berbagi pengalaman penelitian dengan mahasiswa di luar nageri," tuturnya.

KKL dengan tema Urban Management ini merupakan rintisan perdana KKL ke uar negeri dari Fakultas Geografi UGM. Ke depan, diharapkan kegiatan tersebut dapat berlangsung setiap tahunnya.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini