24 Provinsi Indonesia Endemi Rabies

Rohmat, Okezone · Rabu 28 September 2011 21:27 WIB
https: img.okezone.com content 2011 09 28 340 508300 SignV8pgzg.jpg Ilustrasi anjing (Foto: Corbis)

DENPASAR- Ancaman virus rabies tetap menghantui publik, berdasar laporan terakhir tercatat 24 provinsi di Indonesia merupakan daerah endemi rabies.

"Meski ada 24 provinsi endemis rabies, namun pemerintah optimis Indonesia pada 2020 akan bebas rabies," tegas Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, Prabowo Respatiyo Caturroso, di sela perayaan Hari Rabies di Denpasar, Rabu (28/9/2011).

Keyakinan itu didasari pada berbagai upaya untuk pemberantasan penyakit mematikan yang dilakukan mulai vaksinasi, edukasi, serta sosialisasi kepada para pemilik ternak terus dilakukan.

Ditambahkan, pemerintah lewat Kementrian Kesehatan dan Kementerian Pertanian telah memberikan lebih dari 1 juta vaksin ke semua daerah yang masih positif rabies.

Prabowo mengklaim pencapaian pembebasan rabies di Indonesia menunjukkan hasil cukup signifikan. Terbukti 4 provinsi merupakan daerah endemis rabies, kini dinyatakan sudah bebas rabies. Keempat provinsi itu adalah Jateng, Jatim, DI Yogyakarta dan DKI DKI Jakarta.

Dia menambahkan, hingga tahun ini sudah ada 9 provinsi di Indonesia bebas rabies dan masih ada 24 provinsi yang terus diupayakan agar bebas rabies hinga 2020.

"Ribuan petugas pemantau rabies juga telah disiapkan di masing provinsi," katanya. Keseriusan pemerintah juga ditunjukkan dengan dukungan anggaran Rp 15 miliar untuk penanggulangan rabies di 24 provinsi tersebut.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini