Image

Tak Ada Pengamanan Khusus untuk Obama di Bali

Rohmat, Jurnalis · Selasa 04 Oktober 2011, 02:29 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2011 10 04 340 510356 bujRRgO1zb.jpg Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)

DENPASAR - Pangdam IX Udayana, Mayjen TNI Leonard menegaskan tidak ada pengaman khusus saat Presiden Amerika Serikat Barack Obama menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN dan KTT Asia Timur di Nusa Dua, 17-19 November mendatang.

 

Dijelaskan Pangdam Leonard, berdasar hasil pertemuan dengan pihak keamanan Amerika Serikat telah mencapai kesepakatan bahwa tidak ada pengamanan khusus untuk Obama.

 

"Dari hasil pertemuan disepakati tidak ada pengamanan khusus untuk Obama dan mereka setuju dengan prosedur pengamanan kita," ungkap Leonard usai pertemuan dengan tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat Bali di Makodam IX Udayana, Senin (3/10/2011).

 

Pangdam menegaskan kesiapan jajarannya untuk pengamanan Obama selama di Bali. Dalam rangka mengetahui kesiapan aparat keamanan itu, telah digelar latihan gabungan melibatkan unsur-unsur Angkatan Laut dan Udara. "Kita sudah siap untuk mengamankan KTT dan kami jamin keamanannya," tegasnya lagi.

 

Latihan gabungan digelar tanpa melibatkan pihak asing itu juga merupakan prosedur tetap pengamanan untuk kepala negara. Mengingat, ada 18 kepala negara yang dipastikan akan hadir, termasuk Presiden Obama dan delegasi setingkat kepala negara yang jumlahnya mencapai dua puluh orang.

 

Terkait hal itu, pihaknya meminta tokoh dan masyarakat agar berpartisipasi dalam menjaga keamanan. Menurutnya, masalah keamanan bukan hanya tanggung jawab TNI-Polri saja tetapi kita bersama.

 

Pihaknya mengumpulkan para tokoh agama, adat dan masyarakat se-Bali ini dalam rangka perhelatan KTT nanti sesuai dengan kapasitasnya. "Ini yang kami harapkan dari pertemuan ini karena sekarang yang menjadi sasaran tembak teroris adalah TNI dan Polri, jadi semua diharapkan untuk ikut menjaga keamanan," pungkasnya.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini