Share

Mahasiswa UI Raih Juara Kompetisi Debat Internasional

Marieska Harya Virdhani, Okezone · Kamis 06 Oktober 2011 18:32 WIB
https: img.okezone.com content 2011 10 06 373 511809 eJPAiUlTA5.jpg Ilustrasi : Corbis

DEPOK - Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) kembali meraih prestasi di kancah internasional. Mereka adalah mahasiswa dari unit kegiatan mahasiswa (UKM) English Debate Society (EDS) UI.

Mereka berhasil menjadi juara dalam kompetisi bertema Asean Youth Capacity Building Programme Debate Competition pada 25-28 September 201 di Bandung, Jawa Barat. Mahasiswa UI yang mewakili Indonesia adalah Roderick JM Sibarani dari Fakultas Ekonomi (FE) UI, Adlini Ilma Ghaisany dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UI, dan Dennys Victor Kappa (FISIP UI).

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

Ketiga mahasiswa ini berhasil menjadi juara setelah menyisihkan tim Thailand di putaran final. Selain Thailand, para peserta ASEAN Youth Capacity Building Programme Debate Competition juga berasal dari Malaysia, Singapura, Philippina, Laos, dan Kamboja.

Kepala Kantor Komunikasi UI, Vishnu Juwono dalam rilisnya kepada okezone mengatakan, Asean Youth Capacity Building Programme Debate Competition adalah bagian dari Konferensi Internasional Lingkungan Tunza yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia.  Kompetisi ini, kata dia, diharapkan

dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan berdebat para pemuda di negara-negara Asean mengenai isu perubahan iklim dan dapat memberikan kontribusi dalam menggalakan upaya pencegahan perubahan iklim atau ekonomi hijau.

“Selain itu, kompetisi ini dapat memperkuat kerja sama regional negara anggota Asean dalam meningkatkan kesadaran pembangunan berkelanjutan di kalangan pemuda dan masyarakat umum,” katanya, Kamis (6/10/2011).

Vishnu menambahkan, pada 2011, English Debate Society (EDS) UI juga berhasil meraih gelar 3rd Best Speaker EFL (English As Second Language) dalam debat bahasa Inggris. “Itu adalah lomba debat paling prestisius tingkat dunia, yaitu World Universities Debating Championship (WUDC) 2011 di University of Botswana,” tandasnya.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini