Share

Tim UNY Juarai PPRI 2011

Riani Dwi Lestari, Okezone · Kamis 06 Oktober 2011 17:32 WIB
https: img.okezone.com content 2011 10 06 373 511814 NTXtxjTIb6.jpg foto: uny.ac

YOGYAKARTA - Lomba Pemilihan Peneliti Remaja Indonesia (PPRI) 2011 telah usai, dan Tim Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil meraih peringkat satu pada lomba tahunan yang diadakan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang bekerja sama dengan Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 tersebut.

Tim dari UNY digawangi oleh Janu Arlinwibowo, Delthawati Isti R dan Rina Supriyani, ketiganya merupakan mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Mereka menyajikan karya tulis berjudul “Inovasi Alat Ukur Besaran Fisika Berhuruf Braille Guna Mendukung Kelancaran Siswa Tunanetra Dalam Mempelajari Materi Pengukuran”.

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

Janu menjelaskan awal ketertarikan mereka karena melihat siswa tunanetra memiliki keterbatasan dalam penglihatan sehingga menghambat dalam kegiatan praktikum IPA khususnya fisika yang membutuhkan kemampuan untuk menggunakan alat pengukuran yang identik dengan pembacaan skala.

“Kemudian kami mencoba membuat suatu inovasi alat ukur besaran fisika yang dapat digunakan dalam praktikum IPA untuk siswa tunanetra berupa alat ukur panjang, massa, gaya, dan volume dengan menggunakan huruf Braille," lanjut Janu seperti dikutip dari laman UNY, Kamis (6/10/2011).

Menurut Janu, mereka melakukan penelitian sejak awal Februari 2011 sampai dengan akhir Agustus 2011 yang dilaksanakan di beberapa tempat yaitu Laboratorium Bengkel Fisika FMIPA UNY, Resource Centre Yogyakarta (SLBN 1 Bantul), MTs LB/A Yaketunis, dan MAN Maguwoharjo yang merupakan sekolah inklusi.

Selama melakukan penelitian, mereka dibantu oleh Setia Adi Purwanta ahli media Pendidikan Luar Biasa sekaligus pimpinan Resource Centre Yogyakarta, Ishartiwi ahli Teknologi Pendidikan Luar Biasa dari FIP UNY, dan Pujianto ahli Pendidikan Fisika dari FMIPA UNY. 

Lomba yang diselenggarakan 3 Oktober tersebut, terbagi beberapa bidang lomba yaitu lomba bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan (IPSK), Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Ilmu Pengetahuan Teknik (IPT).

UNY menduduki peringkat pertama pada kategori Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), sementara itu, juara lainnya direbut oleh Mirza Zaka Pratama (Fakultas Kedokteran Umum Universitas Brawijaya Malang) sebagai juara 2 dan juara 3 Adityawarman dan Deviana Ayu Aresma dari fakultas MIPA program studi biologi Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin Kalimantan Selatan.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini