Share

Mahfud MD: Pidato Terakhir Bagir Manan Oke

Iman Herdiana, Okezone · Kamis 06 Oktober 2011 19:15 WIB
https: img.okezone.com content 2011 10 06 373 511918 hhFy7vQinX.jpg Foto : okezone

BANDUNG - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD memuji pidato Bagir Manan saat mengakhiri jabatannya sebagai guru besar di Fakultas Hukum Universitas Padjdjaran (Unpad) Bandung, Jawa Barat. Mahfud menyimak pidato Bagir Manan berjudul Menemukan Kembali Undang-undang Dasar 1945 itu dari awal hingga akhir.

Bagir Manan, kata dia, mengupas materi yang sangat bagus terkait identifikasi masalah di Indonesia yang meliputi penyimpangan terhadap UUD 45 oleh para pelaku politik atau politisinya.

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

"Itu oke. Rumusan masalahnya bagus. Saya beruntung bisa hadir mendengarkan pidato Pak Bagir," ungkap Mahfud, Kamis (6/10/2011).

Namun, dia juga menyampaikan kritik terhadap materi yang dikupas Bagir. "Harus dicari kelanjutannya. Bagaimana mengubah itu semua, perubahan itu harus dimulai dari perilaku politiknya," urainya.

Materi pidato Bagir Manan, kata Mahfud, perlu ditindaklanjuti dengan mencari solusi mengingat permasalahannya sudah diuraikan. Namun masalahnya, perubahan harus dilakukan dari para elite politik yang berperilaku tidak sesuai dengan UUD 45. Mengubah perilaku inilah yang harus dicari. Sulitnya, masalah ada di pelaku politik yang justru merekalah yang memproduksi Undang-undang. "Jadi kita ini menghadapi lingkaran setan," keluhnya.

Untuk tahap awal, sambung Mahfud, pidato Bagir sangat bagus. Yang sekarang diperlukan bagaimana menyelesaikannya karena kalau berhenti di rumusan masalah akan susah. Solusi untuk menyelesaikan masalah perilaku politik di Indonesia, lanjutnya, diperlukan kekuatan ekstra. "Dalam situasi begini diperlukan kepemimpinan untuk melakukan perubahan itu," sebutnya.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini