Ratusan Makam Islam Salah Kiblat

Ahmad Nizar, Global · Selasa 11 Oktober 2011 02:01 WIB
https: img.okezone.com content 2011 10 10 340 513454 seddr7yDHD.jpg (Foto: Ahmad Nizar)

KENDARI - Ratusan makam di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Punggolaka, Kota Kendari diketahui melenceng dari arah kiblat. Hal ini dibuktikan dengan sembrawutnya arah makam yang telah permananen maupun belum permanen yang berada di Blok D TPU Punggolaka.

 

Saat dideteksi menggunakan kompas, arah pergeseran nisan ratusan kubur tersebut antara 30 hingga 90 derajat dari arah kiblat sebenarnya. Bukan mistik, namun identifikasi sementara, penggalian liang lahat sejak beberapa tahun silam di sebagian area Blok D ini memang mengalami kesalahan karena mengambil patokan kontur jalan yang berbelok dan memang sedikit berbeda dengan Blok Pemakaman Lainnya.

 

Ditambah lagi proses penggalian makam-makam baru juga berkeras tidak mau mengikuti anjuran pemerintah, justru hanya mengikuti makam yang sudah lebih dulu ada dengan alasan kerapian.

 

Menurut Kepala Dinas Kebersihan, Pertamanan, dan Pemakaman kota Kendari, Agusalim, kejadian ini ternyata berlangsung sebelum dirinya menjabat dan saat dirinya menemukan saat ini, sudah mencapai ratusan makam yang mengalami salah arah kiblat.

 

"Kami berusaha untuk mencari data keluarga makam yang mengalami salah arah kiblat, namun pendataan pejabat sebelum saya agak amburadul sehingga kami kesulitan untuk membahas hal ini dengan pihak keluarga,” ujar Agusalim saat di temui wartawan.

 

Saat ini Pemerintah Kota Kendari melalui Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman Kota Kendari, mulai melokalisir area percontohan makam yang benar agar makam-makam baru bisa mengikutinya.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini