Share

Rektor Unas Galakkan Wirausaha kepada Mahasiswanya

Margaret Puspitarini, Okezone · Selasa 11 Oktober 2011 16:33 WIB
https: img.okezone.com content 2011 10 11 373 513799 6rRBtdxXVU.jpg Foto : Unas

JAKARTA - Pada acara wisuda Universitas Nasional (Unas) tahun akademik 2011/2012, Rektor Unas El Amry Bermawi Putera menyebutkan, pentingnya membangun jiwa wirausaha dalam diri mahasiswa yang berperan penting dalam mengentaskan kemiskinan.

El Amry mengungkapkan, rendahnya tingkat pendidikan para pekerja yang berpengaruh terhadap tingkat upah yang diterima, mengakibatkan masih banyaknya pekerja yang berada dalam kemiskinan.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

"Kemudahan untuk mengakses sarana pendidikan secara gratis merupakan salah satu kunci untuk mengatasi kemiskinan dan pengangguran. Orientasi pendidikan juga perlu diperbaiki, terutama di tingkat SMA dan PT agar menghasilkan lulusan yang siap pakai dan memiliki jiwa kewirausahaan," kata El Amry seperti dikutip dari siaran pers yang diterima okezone, Selasa (11/10/2011).

Dia menjelaskan, Unas telah berupaya melakukan perbaikan tersebut dalam bidang kurikulum. "Unas dan Akademi-Akademi Nasional terus-menerus memperbaiki kurikulum demi tercipta link and match antara lulusan Unas dengan kebutuhan dunia usaha sebagai pengguna," tuturnya.

Sebagai bentuk perbaikan kurikulum tersebut, Unas memberikan pendidikan untuk mengembangkan jiwa wirausaha pada diri mahasiswa. Pada semester pertama, mahasiswa baru Unas diwajibkan menempuh mata kuliah kewirausahaan.

Hal ini bertujuan membekali setiap mahasiswa Unas dengan jiwa kewirausahaan sehingga diharapkan tidak lagi hanya mencari kerja, tapi mampu menciptakan lapangan kerja baginya dan orang lain.

Dalam wisuda kali ini, terdapat 847 mahasiswa Unas dari sembilan fakultas dan 35 program studi. Ismalia dari Fakultas Bahasa dan Sastra dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,97 menyandang predikat wisudawan terbaik bersama 10 wisudawan lainnya.

Acara berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Selatan, tersebut juga dihadiri oleh mantan wakil presiden Jusuf Kalla (JK), Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah III, Ilza Mayuni, serta Senat dan Majelis Guru Besar UNAS.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini