Jatuh Sakit, Penjahat Perang Bosnia Dirawat

Fajar Nugraha, Okezone · Selasa 11 Oktober 2011 17:32 WIB
https: img.okezone.com content 2011 10 11 414 513843 zAoV2jR0wv.jpg Ratko Mladic (Foto: Reuters)

DEN HAAG - Mantan Panglima Militer Bosnia-Serbia Ratko Mladic dikabarkan dilarikan ke rumah sakit di Belanda. Diduga dirinya mengidap penyakit paru-paru, pneumonia.

Mladic saat ini ditahan di pengadilan kejahatan perang Yugoslavia, yang dibuat oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Pria berusia 69 tahun tersebut akan diadili atas tuduhan kejahatan perang termasuk genosida.

"Klien saya saat ini dibawa ke rumah sakit atas dugaan penyakit pneumonia," ungkap pengacara Mladic, Milos Saljic seperti dikutip Associated Press, Selasa (11/10/2011).

Pada pengadilan terakhirnya di pengadilan pekan lalu, Mladic mengaku dirinya saat ini dalam kondisi buruk. Dirinya mengaku tengah menderita penyakit gagal ginjal.

Sementara pihak keluarga mengatakan, pria yang dianggap bertanggung jawab atas warga Bosnia pada Perang Balkan tersebut sempat didera stroke sebanyak dua kali selama dirinya buron selama 16 tahun.

Mladic ditangkap oleh badan keamanan Serbia di Lazarevo, dekat Zrenjanin di wilayah Banat, Provinsi Vojvodina pada 26 Mei 2011 lalu. Penangkapannya dilakukan oleh pasukan khusus dari Kepolisian Serbia. Selama di persembunyian, Mladic menggunakan nama samaran Milorad Komadic. 

Mladic dianggap bertanggung jawab atas penyerangan di Sarajevo dan pembantaian di 8.000 pria dan anak-anak Muslim Bosnia di Sebrenica pada perang Bosnia 1992 hingga 1995 lalu.

Ulah Mladic ini dianggap sebagai pembantaian terhadap warga sipil paling parah yang terjadi di Eropa sejak Perang Dunia II. 

(faj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini