nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Banjir Kanal Timur Dipenuhi Eceng Gondok

Catur Nugroho Saputra, Jurnalis · Kamis 13 Oktober 2011 23:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2011 10 13 338 514995 79Usw6TdSe.jpg (Foto: Catur Nugroho/Okezone)

JAKARTA - Warga Kampung Rawa Bebek, Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur, khawatir terhadap tanaman eceng gondok yang memenuhi aliran air Banjir Kanal Timur (BKT).

 

Kekhawatiran warga ini sangat beralasan karena tanaman yang mempunyai nama latin eichhornia crassipes itu menyebabkan tersumbatnya aliran air hingga mempercepat pendangkalan BKT.

 

"Sudah sejak sekitar dua bulan lalu, aliran air BKT dipenuhi eceng gondok, pertama sedikit namun sekarang sudah memenuhi BKT dari Kampung Rawabebek sampai ke Ujung Menteng," ujar Suyono (46), warga RT 8 RW 1, Pulogebang, Cakung, saat ditemui, Kamis (13/10/2011).

 

Menurut Suyono keberadaan eceng gondok itu, berasal dari lumut-lumut yang tumbuh dan berkembang secara pesat. "Kalau musim kemarau eceng gondok sangat cepat tumbuh dan berkembang, harusnya petugas membersihkannya agar tidak meluas,"paparnya.

 

Menanggapi hal ini, Kasie Pemeliharaan Sudin PU Tata Air Jakarta Timur, Sunarto, mengatakan dirinya tidak mampu berbuat banyak mengatasi hal ini. Pasalnya, masalah fisik menyangkut BKT menjadi kewenagan pemerintah pusat, dalam hal ini Kementrian Pekerjaan Umum. "Ke depannya kita upayakan agar mencari solusi hal ini,"tegasnya.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini