nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

30 Orang Terjebak di Lift Empire Palace Surabaya

Andreas Wicaksono, Jurnalis · Minggu 16 Oktober 2011 21:34 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2011 10 16 340 516045 GbjCsTJQX5.jpg

SURABAYA - Lift berisi tiga puluh orang di Gedung Empire Palace, Jalan Embong Malang, Surabaya tiba-tiba berhenti. Sekitar 30 orang terjebak dalam lift selama dua jam.

Kejadian ini terjadi Minggu, 16 Oktober petang. Ketiga puluh orang ini hendak turun dari lantai lima menuju lobi gedung usai mengikuti acara MKGR.

Menurut korban yang terjebak dalam lift, awalnya lift turun dengan normal dari lantai lima hingga lantai satu gedung. Namun sesaat menuju lantai dasar, mendadak lift berhenti.

Para korban pun berusaha meminta pertolongan melalui komunikasi lewat layanan interkom yang tersedia dalam lift, namun komunikasi terputus. Baru dua jam kemudian, para korban mendapat pertolongan.

Proses evakuasi dilakukan dengan cara membobol dinding lift. Satu orang pingsan dan langsung dilarikan ke rumah sakit. Menurut salah satu korban, Iwan, saat memasuki lift tak ada peringatan bila muatan telah melebihi kapasitas.

"TadiĀ  evakuasi lewat samping, membobol dinding samping," kata Iwan kepada wartawan di lokasi kejadin, Minggu (16/10/2011).

Sementara korban lainnya, Sylvester berencana melayangkan gugatan kepada pengelola gedung karena proses evakuasi dinilai lamban. Sylvester merupakan tamu undangan dari organisasi pemuda Katolok yang menghadiri acara pelantikan pengurus MKGR Jawa Timur.

Mengenai insiden ini, pihak pengelola menegaskan penyebab macetnya lift lantaran kelebihan beban. Menurut petugas operasional gedung, Ririn Wiyanto, sistem lift telah memberi peringatan kelebihan muatan tersebut. Namun, ke-30 orang tersebut memaksa naik dengan menekan tombol penutup pintu lift.

Ririn membantah evakuasi dilakukan dengan menjebol dinding lift. Menurutnya, pertolongan dilakukan dengan membuka atap lift. Lamanya evakuasi karena pintu atas lift sulit dibuka ditambah posisi lift yang miring.

(fer)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini