nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mahkamah Agung Bebaskan Politikus PPP

Kholil Rokhman, Jurnalis · Rabu 19 Oktober 2011 14:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2011 10 19 339 517469 xi6pnqlzAG.jpg Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Mahkamah Agung (MA) tetap memutuskan politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Dimyati Natakusumah bebas.

 

Dimyati adalah anggota Komisi III DPR dari PPP dan mantan Bupati Pandeglang, Banten. Majelis kasasi MA memutuskan tidak menerima Kasasi yang diajukan jaksa dalam perkara korupsi tersebut. 

 

"Menyatakan tidak dapat diterima permohonan Kasasi dari Pemohon Kasasi Jaksa Penuntut Umum pada Kejaksaan Negeri Pandeglang," beber majelis hakim kasasi perkara tersebut yang diketuai Imron Anwari seperti yang tertera di website MA. Perkara tersebut sebenarnya sudah diputus pada awal tahun ini. Namun, pihak MA baru mempublikasikannya pada 18 Oktober 2011.

 

Perkara tersebut diputuskan Imron Anwari bersama dua anggota majelis Kasasi yakni Suwardi dan Achmad Yamanie. Putusan kasasi tersebut membuat status hukum Dimyati berkekuatan hukum tetap, yakni tidak bersalah dalam kasus tindak pidana korupsi.

 

Sebelumnya, Dimyati didakwa melakukan tindak pidana penyuapan terhadap anggota DPRD Pandeglang periode 2004-2009.

 

Tindakan tersebut untuk melancarkan pinjaman daerah pada Bank Jabar-Banten senilai Rp200 miliar. Namun, atas dakwaan tersebut, majelis hakim Pengadilan Negeri Pandeglang menolaknya dan membebaskan Dimyati dari dakwaan. Karena itu, pihak jaksa mengajukan kasasi ke MA.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini