nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bandung Ada Bosscha, Tomohon Kini Punya MLO

Dyke Rumbayan, Jurnalis · Selasa 25 Oktober 2011 09:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2011 10 25 340 519916 GfEr4OvXZU.jpg Mount Lokon Observatory di Kota Tomohon, Sulut. (Dok: Sun TV)

TOMOHON - Jika di Bandung, Jawa Barat, ada observatorium Bosscha, maka di Kota Tomohon, Sulawesi Utara ada Mount Lokon Observatory (MLO). Teropong raksasa yang dibangun di kompleks sekolah SMU Lokon ini sudah dapat digunakan untuk umum.

Pembangunan MLO bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap astronomi. Selain itu untuk pengembangan pendidikan astronomi bagi siswa-siswa di Sulawesia Utara, maupun di Indonesia Timur.

Di lantai tiga, pengunjung dapat melakukan observasi langsung ke ruang angkasa dengan bantuan teleskop canggih yang memiliki database lebih dari 100 ribu benda-benda angkasa untuk dilihat.

Dome atau kubah MLO secara khusus diimpor dari Australia. Kubah berdiameter tiga meter dan dilengkapi dengan penggerak otomatis bertenaga surya untuk membuka dan menutup atap kubah.

Di lantai dua terdapat ruang simulasi untuk mendapatkan informasi aktual tentang angkasa luar menggunakan world wide telescope dan hubble.

MLO diresmikan penggunannya oleh oleh Gubernur Sulawesi Utara Sinyo Harry Sarundayang, Senin kemarin. Saat peresmian juga ditandatangani letter of intend (LoI) antara Kepala Observatorium Bosscha ITB Hakim Malasan dengan Mezak Ratag selaku Kepala Lembaga Penelitian Dan Pengembangan Yayasan Pendidikan Lokon.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini