Image

Jelang Kedatangan Obama, Pengamanan Selat Bali Ditingkatkan

Eko Suryono , Jurnalis · Rabu 02 November 2011, 10:40 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2011 11 02 340 523710 32e89U8wCB.jpg Kapal TNI AL (tni.mil.id)

BANYUWANGI – Menjelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-19 dan KTT Asia Timur di Bali pada 17-19 November 2011, yang menurut rencana akan dihadiri Presiden Amerika Serikat Barack Obama, pengamanan di perairan laut Jawa dan Selat Bali ditingkatkan.

Peningkatan pengamanan dilakukan oleh satuan TNI Angkatan Laut dengan persenjataan lengkap, dikerahkan untuk mengantisipasi gangguan keamanan di laut.

Dalam operasi pengamanan, pangkalan TNI Angkatan Laut Banyuwangi mengerahkan satu kekuatan penuh personelnya, dengan didukung empat  kapal  patroli cepat milik TNI Angkatan Laut, dengan persenjataan lengkap.

Operasi pengamanan ini menyisir seluruh wilayah perairan Selat Bali, jalur penyeberangan lintas Ketapang Gilimanuk dan sebagian lagi perairan  laut di Utara Pulau Jawa.

Penyisiran dilakukan untuk mengantisipasi gangguan keamanan khususnya di wilayah perairan lintas  Jawa Bali, mengingat di kawasan ini sangat rawan  dan berpotensi keluar masuk pelaku kejahatan dari Jawa ke Bali dan sebaliknya.

Apalagi, kawasan Selat Bali merupakan wilayah perairan yang menghubungkan pulau Jawa dan Bali, yang menjadi pusat kegiatan konferensi tingkat tinggi negara anggota ASEAN.

Selain menyisir kawasan perairan Selat Bali, petugas juga memperketat jalur lalu lintas transportasi  laut  di lintas Selat Bali.

“Ini dilakukan untuk menjamin keamanan  wilayah karena Selat Bali merupakan pintu masuk jalur Jawa Bali  yang  cukup padat dan berpotensi adanya gangguan keamanan,” kata Komandan Lanal TNI AL Banyuwangi, Letkol Laut (P) EV. Nurrokhman, kepada wartawan, Rabu (2/11/2011).

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini