Image

Barack Obama Booking 40 Penerbangan ke Bali

Rohmat, Jurnalis · Senin, 7 November 2011 - 12:16 WIB
(Foto: Reuters) (Foto: Reuters)

DENPASAR - Kedatangan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dipastikan membuat sibuk Bandara Ngurah Rai, Bali. Pasalnya akan ada 40 kali penerbangan pesawat baik yang mengangkut logistik maupun rombongan Gedung Putih.

Otoritas bandara tidak mau sedikit pun kecolongan dengan kesalahan sekecil apa pun yang berpotensi mengganggu kedatangan Obama maupun para kapala negara lainnya.

Komandan Pangakalan Udara Ngurah Rai, (Danlanud) Letkol (Pnb) Jumarto, mengatakan pengamanan terhadap kedatangan rombongan Obama akan menjadi perhatian serius jajarannya.

”Kami dapat informasi terkait kedatangan Presiden Obama akan ada sekira 40 kali penerbangan ke Bandara Ngurah Rai,” sebut Jumarto saat dihubungi okezone, Senin (7/11/2011).

Satu pesawat Hercules C130 US Air Force tiba dini hari tadi disusul sore nanti pesawat yang sama mengangkut logistik lainnya.

Hanya saja, saat ditanya kapan kepastian kedatangan Obama, hingga kini pihak Lanud Ngurah Rai belum dapat kepastian dari Sekretariat Negara. Sebelumnya, Jumarto mendapat informasi Obama diperkirakan mendarat pada 16 November mendatang.

Dengan padatnya penerbangan pesawat yang mengangkut logistik dan rombongan Gedung Putih, berbagai persiapan telah dilakukan sejak beberapa pekan terakhir. Jajaran Lanud bersama kekuatan lain dari TNI dan Polri rencananya akan menggelar persiapan akhir pra-tugas pada 11-14 November.

Sementara itu para kepala negara lain dijadwalkan akan mulai berdatangan ke Bali pada 16 dan 17 November ini. Selain Obama akan hadir 18 kepala negara atau pejabat lainnya di KTT ASEAN dan KTT Asia Timur.

Untuk pengamaman di lingkungan Bandara Ngurah Rai, selain diperkuat 1 Kompi Paskhas TNI AU, juga di-backup peralatan dan pasukan komando dari unsur TNI lainnya.

Selain menjaga keamanan pesawat dan logistik, pengamanan juga difokuskan di sepanjang rute dari bandara menuju lokasi KTT ASEAN maupun tempat para kepala negara menginap di Nusa Dua.

(ton)

  • TAG :

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming